Debat Capres-Cawapres Batal Digelar di Luar Jakarta

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 29 November 2023 19:23 WIB
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, August Mellaz (Foto: Ist)
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, August Mellaz (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI August Mellaz, memastikan batalnya rencana debat capres dan cawapres di luar Jakarta. Hal itu lantaran banyaknya pertimbangan yang tak memungkinkan.

"Pelaksanaan debat ini rencananya demikian (di luar Jakarta mulanya), tapi akhirnya kami ambil keputusan dilaksanakannya di Jakarta," kata Mellaz di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (29/11).

Kata Mellaz, faktor keamanan menjadi salah satu pertimbangan, meskipun bukan menjadi faktor yang paling krusial menurutnya. 

"(Keamanan) itu satu faktor saja. Faktor-faktor yang lain misalnya gini, yang gimana-gimana kan. Kami bukannya Jakarta sentris, ya," ujarnya. 

Menurutnya, jika debat dilakukan diluar Jakarta, maka itu tak akan mudah. Sebab, ada banyak hal yang harus dimobilisasi ke daerah. Selain itu, kantor KPU RI sendiri pun akan menjadi salahsatu tempat debat capres-cawapres. 

"Kantor KPU RI di Jakarta, jadi lokasi (debat capres-cawapres). Dan termasuk ada faktor-faktor teknis, misalnya mobilisasi massa, segala macam dipindah di satu daerah, bukan di Jakarta itu juga kan tidak mudah," ungkap Mellaz.

Untuk itu, Mellaz menilai pelaksanaan debat di Jakarta akan lebih efektif dan lebih terkonsentrasi. "Saya kira dalam konteks efektivitas di Jakarta terkonsentrasi," pungkasnya. (DI)

Topik:

kpu debat mellaz