KPU Tunjuk Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel Jadi Moderator Debat Perdana Pilpres 2024

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 9 Desember 2023 21:05 WIB
Valerina Daniel [Foto: Instagram/@valerinadaniel]
Valerina Daniel [Foto: Instagram/@valerinadaniel]
Jakarta, MI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah memutuskan dua nama moderator, yang akan bertindak pada debat kandidat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Mereka adalah Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel.

Kedua Jurnalis TVRI itu, akan memainkan peran penting sebagai penengah, penjembatan, pemandu, dan pengendali pada debat yang dijadwalkan berlangsung di Kantor KPU pada Selasa (12/12).

"Kita juga sudah mendapatkan moderator untuk diskusi atau debat pertama Capres-Cawapres, yaitu Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel," kata Anggota KPU RI, August Mellaz, Sabtu (9/12).

Selain nama moderator, KPU RI juga telah memutuskan 11 nama panelis yang akan merumuskan daftar pertanyaan, bagi masing-masing kandidat pada debat perdana nanti.

Mereka adalah Mada Sukmajati (pakar ilmu politik UGM), Rudi Rohi (pakar Ilmu politik Undana), Lita Tyesta (ahli hukum tata negara Undip), dan Khairul Fahmi (pakar hukum Unand).

Kemudian ada juga Agus Riewanto (pakar hukum tata negara UNS), Susi Dwi Harijanti (pakar hukum tata negara Unpad), Bayu Dwi Anggono (Guru Besar Universitas Jember).

KPU juga menjadikan Ketua Komnas HAM periode 2017-2020 Ahmad Taufan Damanik sebagai panelis. Lalu ada Al Makin (Guru Besar Studi Agama UIN Sunan Kalijaga), Gun Gun Heryanto (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), dan Wawan Mas'udi (Dekan Fisipol UGM).