Prabowo Disebut Tak Bisa Blusukan, ini Jawaban TKN

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 10 Desember 2023 20:04 WIB
Pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (Foto: Dhanis/MI)
Pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (Foto: Dhanis/MI)

Jakarta, MI - Juru bicara TKN Prabowo-Gibran, Bobby Adhityo Rizaldi, menanggapi pernyataan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang menyebut Prabowo Subianto tak bisa melakukan gaya blusukan seperti yang dilakukan kader-kader PDIP. 

"Jadi dengan segala hormat pada Pak Hasto, sangat tidak tepat membandingkan hal 'gaya' blusukan ini. Hasil akhirnya adalah program-program yang mampu mewadahi kebutuhan masyarakat secara efektif dan tepat guna," kata Bobby kepada wartawan, Minggu (10/12).

Menurutnya, capres Koalisi Indonesia Maju itu juga melakukan blusukan ke daerah-daerah tetapi dengan cara yang berbeda. Sehingga dari blusukan itu melahirkan beberapa gagasan yang menjadi program andalan pasangan Prabowo-Gibran. 

"Pak Prabowo melakukan hal yang sama walaupun formatnya berbeda, yang dalam programatik misi dan visinya masuk di situ. Contoh makan siang dan minum susu untuk murid sekolah adalah hasil dari penyerapan aspirasi dan kejelian melihat suasana batin yang berkembang saat ini," ujar Bobby.

"Blusukan itu kan adalah kebijakan pro rakyat yang dibangun dari hasil kunjungan atau inspeksi tanpa rekayasa dan bersifat dadakan untuk dapat menyerap aspirasi atau perbaikan pelayanan publik," tambahnya.

Sebelumnya, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, menilai capres nomor urut 2 Prabowo Subianto tak bisa meniru gaya blusukan seperti yang dilakukan oleh Joko Widodo. Menurutnya hal itu karena Prabowo bukanlah kader PDIP sehingga tak memiliki kemampuan itu. 

"Jadi kenapa Pak Prabowo nggak bisa blusukan? karena Prabowo bukan dari PDI Perjuangan. Prabowo bukan Jokowi sehingga tidak bisa melakukan blusukan," kata Hasto di Lebak, Banten, Minggu (10/12).

Kata Hasto, hanya partainya yang bisa melakukan cara-cara blusukan seperti itu. Karena itu sudah menjadi identitas bagi PDIP sekaligus membuktikan bahwa PDIP adalah partai rakyat. 

"Jadi itulah yang disampaikan kepada rakyat bahwa blusukan ini merupakan karakter dari PDI Perjuangan. Yang turun ke bawah sebab kita adalah partai rakyat," ujar Hasto. (DI)