Ganjar: Debat Capres-Cawapres Selanjutnya Harus Lebih Banyak Tanya Jawab

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 12 Desember 2023 23:12 WIB
Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo (Foto: Dhanis/MI)
Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo (Foto: Dhanis/MI)

Jakarta, MI - Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo, mengatakan debat capres dapat memberikan referensi kepada publik terhadap seberapa luasnya pemahaman capres yang hendak dipilih publik pada Pilpres 2024. 

"Saya kira untuk pertama kali ini, para pemilih mendapatkan preferensi dari cara berpikir apa yang ada di konsep atau visi misi masing-masing (capres)," kata Ganjar usai acara debat capres perdana di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (12/12) malam. 

"Mudah mudahan cukup, bisa mengedukasi dan masih ada debat debat yang lain, kita harap masyarakat bisa mengikuti terus," tambahnya. 

Terkait debat capres-cawapres tahap pertama, Ganjar menilai mestinya kesempatan untuk tanya jawab lebih diperbanyak. Sebab, itu akan menunjukkan pikiran dan refleks spontan dari pasangan calon. 

"Ya, tanya jawabnya lebih banyak. Menurut saya bukan durasi, ruang tanya jawabnya yang lebih banyak sehingga kata debatnya akan lebih bisa menunjukkan apa yang menjadi pikiran, refleksi dan jawaban spontan karena itu menunjukan sikap," ujarnya. 

Namun ketika ditanya awak media soal seberapa puas penampilannya pada debat malam ini. Ganjar menilai yang terpenting dari debat adalah tentang apa yang ada di dalam pikiran dan sikap seorang. 

"Ini bukan soal puas atau tidak puas, cara saya untuk mengetahui dan publik mengetahui apa yang ada dalam pikiran dan sikap seseorang," ucapnya. 

Untuk itu, Ganjar menyerahkan penilaian kepada publik tentang debat capres perdana itu, karena pada nantinya publiklah yang akan menentukan. 

"Buat saya cukup, tinggal publik nanti melihat. Karena yang akan menilai publik," jelasnya. (DI)