Pesan Anies ke Prabowo: Teruskan Sikap Kritis

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 13 Desember 2023 12:10 WIB
Anies Baswedan (kiri) dan Prabowo Subianto (kanan) saat debat capres perdana di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat (Foto: Doc/MI)
Anies Baswedan (kiri) dan Prabowo Subianto (kanan) saat debat capres perdana di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat (Foto: Doc/MI)

Jakarta, MI - Capres nomor urut 1 Anies Baswedan, menanggapi pernyataan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto yang mengungkit soal hubungan mereka di Pilkada DKI 2017 lalu saat debat capres perdana di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat (12/12) malam.

Menurut Anies, seorang pemimpin harus bisa menunjukkan sikap konsisten dalam keberpihakan kepada rakyat dan masalah kekritisan terhadap pemerintah. 

"Itu peristiwa yang sudah terjadi ya. Barangkali malah konsistensi akan sikap, itu yang dibutuhkan. Jadi konsisten untuk timbul bersama rakyat, kalau bersama pendukung, ya teruskan sikap kritis," kata Anies usai Debat Capres Perdana di Kantor KPU RI.

Selain itu, Anies juga kembali menyinggung soal perlunya oposisi dalam suatu pemerintahan, karena itu adalah bentuk keseimbangan demokrasi. 

"Tadi saya sampaikan oposisi itu salah satu ciri demokrasi, ada kebebasan berpendapat, ada pemilu yang adil, minimal ada tiga itu," ujarnya. 

Untuk itu Anies mencontohkan, ada UUD yang tidak diperdebatkan dan Omnibuslaw yang tidak di bahas dengan lengkap, serta UU IKN yang jug tidak dibahas dengan lengkap. Itu semua kata Anies, karena tak adanya oposisi yang diberikan kebebasan berpendapat. 

"Banyak UUD yang meluncur begitu saja namun tidak dibahas, itu artinya tidak ada proses yang demokratis, tidak ada perdebatan yang dilakukan terbuka," pungkasnya. (DI)