Ganjar: Pendidikan Politik Melalui Debat Sangat Penting

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 14 Desember 2023 14:11 WIB
Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo (Foto: Dhanis/MI)
Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo (Foto: Dhanis/MI)

Jakarta, MI - Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, mengatakan bahwa debat capres-cawapres bukan hanya sekadar tontonan semata yang cukup dinikmati publik. 

Menurutnya, esensi dari debat ialah bagaimana cara pasangan calon (paslon) menyajikan pendidikan politik kepada masyarakat untuk bisa memberikan referensi pilihan pada saat pencoblosan 14 Februari 2024. 

"Karena ini bukan sekadar tontonan, tapi ada pesan pendidikan politik agar masyarakat punya referensi nanti untuk memilih," kata Ganjar di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (14/12). 

Ganjar menilai, yang terpenting dari debat capres-cawapres adalah pesan yang dibawa paslon dapat diterima baik oleh masyarakat. 

"Yang penting kontentnya masuk, yang penting pesannya masuk, yang penting masing-masing akan bisa memberikan pemikiran konsepsi dengan program-program yang bisa diberikan kepada masyarakat," ujarnya. 

Dengan begitu kata Ganjar, masyarakat bisa menilai dari hasil debat tersebut. Bagaimana pengalaman capres-cawapres dalam menghadapi berbagai persoalan bangsa dapat dilihat dari cara debatnya. 

"Maka orang akan tahu seberapa tau dia konsisten, apa pengalamannya, bagaimana track recordnya dan itu akan terlihat dari seluruh kelengkapan yang ada di masing-masing ketika menjawab atau bertanya pada soal ini, menurut saya menarik," tuturnya. (DI)