Prabowo Ucap 'Ndasmu Etik', Ganjar: Pakai Kalimat-kalimat yang Baik

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 16 Desember 2023 20:37 WIB
Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo (Foto: MI/Dhanis)
Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, menanggapi penggalan video capres nomor urut 2 Prabowo Subianto yang viral di media sosial karena ucapan "ndasmu etik" (etik kepalamu).

Menurut Ganjar, biarkan hal tersebut menjadi penilaian masyarakat. Oleh karena itu, ia selalu menekankan dirinya agar selalu berhati-hati dalam bertutur kata dan tidak meledak-ledak dalam emosi. 

"Saya kira masyarakat bisa menilai, makanya saya berikan pesan kepada warga untuk kita pakai kalimat-kalimat yang (baik)," kata Ganjar di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (16/12).

Kendati begitu, kata Ganjar, masyarakat bisa menilai capres-cawapres yang terbiasa menggunakan kalimat yang baik dan tidak melakukan kampanye negatif. 

"Tentu saja dibuka saja (media sosial), kalimat bagus, tidak black campaign, tapi negatif campaign boleh?," ujarnya.

Sebelumnya, Prabowo mengungkit pertanyaan dari capres nomor urut 1, Anies Baswedan soal pelanggaran etik di Mahkamah Konstitusi (MK) pada debat capres beberapa waktu lalu di kantor KPU RI. 

Dalam penggalan video itu terlihat Prabowo sedang berpidato di hadapan kader Partai Gerindra yang mengungkit kembali pertanyaan Anies mengenai perasaannya soal putusan Mahkamah Konstitusi. 

Bagaimana perasaan Mas Prabowo soal etik..etik..etik…ndasmu etik!" kata Prabowo di acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Partai Gerindra yang digelar tertutup di JIExpo, Jakarta Pusat, Jumat (15/12). (DI)