Format Debat Cawapres Tak Berubah, Pemaparan Visi Misi Dimulai Oleh Gibran

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 21 Desember 2023 17:08 WIB
Konferensi Pers Pimpinan KPU RI untuk Debat Cawapres tahap kedua (Foto: MI/Dhanis)
Konferensi Pers Pimpinan KPU RI untuk Debat Cawapres tahap kedua (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari, memastikan debat calon wakil presiden (cawapres) tahap kedua tidak mengalami perubahan format. Rangkaian kegiatan akan dimulai dengan pemaparan visi-misi dan program kerja oleh peserta debat. 

"Format debat kedua rangkaiannya sama dengan debat pertama," kata Hasyim dalam jumpa pers di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (21/12). 

Hasyim menjelaskan, pemaparan visi-misi dan program kerja oleh peserta debat kedua ini dilakukan penyesuaian. Yakni, dilakukan secara bergilir untuk yang diberikan kesempatan berbicara pertama. 

"Pada debat kemarin, urutan penyampaian visi misi dimulai dari capres nomor urut 1. Dan di debat cawapres nanti akan dimulai dari cawapres nomor urut 2. Dan ketika debat ketiga akan disampaikan capres nomor urut 3. Begitu keempat kembali lagi ke satu," urai Hasyim. 

Lebih lanjut, Hasyim memaparkan, setelah pemaparan visi-misi dan program kerja, akan dilanjutkan hingga ke segmen 6 seperti debat capres sebelumnya.

"Segmen 2 dan 3 pendalaman visi, misi, dan program kerja, disampaikan tim panelis kepada moderator untuk disampaikan kepada cawapres," tuturnya.

"Segmen 4 dan 5 itu kesempatan bagi masing-masing cawapres menyampaikan pertanyaan kepada cawapres lain, dan yang segmen terakhir closing statement," demikian Hasyim menambahkan. 

Pelaksanaan debat cawapres akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, pada Jumat, 22 Desember 2023 mulai pukul 19.00 WIB.

KPU RI sebagai pelaksana acara telah menunjuk sejumlah televisi sebagai penyelenggara siaran, dan mengambil dua presenter senior sebagai moderator debat. 

Dua moderator debat yang ditunjuk KPU ialah Alfito Deannova Ginting dari Trans Corp dan Liviana Cherlisa dari Kompas TV. 

Selain itu, KPU juga telah menetapkan 11 panelis debat yang bertugas menyusun pertanyaan untuk 3 cawapres yang akan berdebat yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD. (DI)