Jokowi Akan Nonton Debat Gibran Malam Ini

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 22 Desember 2023 11:52 WIB
Presiden Joko Widodo [Foto: Repro]
Presiden Joko Widodo [Foto: Repro]
Jakarta, MI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap debat calon wakil presiden (cawapres), yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pada Jumat (22/12) pukul 19.00 WIB, berlangsung ramai.

“Ya harapannya nanti debatnya ramai,” kata Jokowi kepada wartawan di Jakarta, Jumat (22/12).

Debat yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, akan diikuti tiga cawapres yakni cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut tiga Mahfud Md.

Saat ditanya apakah dirinya memberikan wejangan, atau nasihat kepada Gibran sebelum menjalani debat, Jokowi mengaku, tidak pernah bertemu dengan putranya itu.

“Ya mau debat ya silakan debat. Ya ndak pernah ketemu. Ketemu aja ndak pernah,” ujarnya.

“Ndak ndak (tidak ada wejangan). Wejangan apa sih? Debat ya debat, gitu aja,” tandasnya.

Jokowi juga mengaku, akan menyaksikan debat cawapres nanti malam dari rumah. 

“Ya di rumah. Bisa di (Istana) Jakarta, bisa di (Istana) Bogor, bisa di (rumah) Solo,” tandasnya. 

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar debat kedua capres-cawapres Pemilu 2024, yang diikuti oleh tiga cawapres, di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat, mulai pukul 19.00 WIB.

Debat kali ini merupakan debat perdana bagi calon wakil presiden.

Tema debat cawapres kali ini adalah, ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, pajak dan Tata kelola APBN-APBD, Investasi, perdagangan, infrastruktur dan Perkotaan.

Debat cawapres pertama itu, akan dipandu oleh dua moderator, yakni Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa. Terdapat 11 orang panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk para cawapres.