Otto Hasibuan: Saya Yakin Gibran Akan Lebih Hebat dari Pak Jokowi

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 23 Desember 2023 19:33 WIB
Muhaimin Iskandar (kiri), Gibran Rakabuming Raka (tengah) dan Mahfud MD (kanan) dalam debat cawapres 2024, Jum'at (22/12) (Foto: MI/Aswan)
Muhaimin Iskandar (kiri), Gibran Rakabuming Raka (tengah) dan Mahfud MD (kanan) dalam debat cawapres 2024, Jum'at (22/12) (Foto: MI/Aswan)

Jakarta, MI - Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran Otto Hasibuan yakin calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka akan lebih hebat dari Joko Widodo. Hal ini merespons penampilan gemilang Wali Kota Solo itu dalam debat cawapres pasa Jum'at (22/12) tadi malam.

Pengacara kondang ini pun menilai Gibran sangat percaya diri dan menguasai masalah. Otto melihat anak muda sekarang memiliki wawasan yang sangat luas. Maka dari itu, ia meminta lawan debat Gibran agar mawas diri.

"Yang senior harus lebih mawas diri, dan tetap juga harus belajar, tidak boleh take it for granted. Saya yakin Gibran nanti akan lebih hebat dari Pak Jokowi," kata Otto kepada wartawan, Sabtu (23/12).

Menurut Ketua Umum Peradi ini, bahwa yang muda tidak berarti tidak berilmu.  "Benarlah kata pepatah ombak yang di depan akan didorong oleh ombak yang di belakang," tegasnya.

Di sini lain, Otto menilai penampilan Gibran juga mematahkan pandangan negatif terhadap anak muda.

Sementara itu, Wakil Komandan Tim Fanta TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Anggawira menilai penampilan Gibran menjadi bukti bahwa anak muda memiliki kemampuan dan kapabilitas menjadi pemimpin bila diberi kesempatan. Selain itu, Gibran juga dianggap berhasil menunjukkan kepada masyarakat bahwa dirinya betul-betul menguasai materi debat seputar ekonomi.

"Mas Gibran terbukti menguasai materi secara komprehensif dan memahami masalah-masalah faktual. Dari debat ini, saya kira Mas Gibran ingin menyampaikan secara objektif bahwa anak muda itu mampu jadi pemimpin," kata Anggawira dikutip Sabtu (23/12).

"Hal yang sama juga disampaikan Pak Prabowo setelah debat, bahwa generasi tua harus jadi jembatan bagi generasi muda. Jadi jelas pemenang debat ya Mas Gibran," timpalnya.

Ada dua hal yang menjadi sorotan Anggawira terkait performa Gibran. Pertama, dia mampu menjadikan forum debat sebagai platform untuk mempertegas visi-misi yang selama ini sudah digaungkan.

Kedua adalah adab Gibran. Dari segi usia, Gibran adalah yang termuda, tapi dia mampu memperlihatkan rasa hormat kepada kandidat lainnya dengan panggilan "Gus Muhaimin" serta "Prof Mahfud".

Perlu diketahui, debat cawapres itu mengusung tema "Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan". Tiga cawapres debat adalah Muhaimin Iksandar (nomor urut 1), Gibran Rakabuming Raka (nomor urut 2) dan Mahfud MD (nomor urut 3). (Wan)