Viral Video "TAIWAN, Kita Duluan Nyoblos Ya Bestie"

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 23 Desember 2023 23:48 WIB
Tangkapan layar video viral tenaga kerja di Taiwan mendapat surat suara pemilu 2024 lebih dahulu (Foto: MI/Repro Tiktok)
Tangkapan layar video viral tenaga kerja di Taiwan mendapat surat suara pemilu 2024 lebih dahulu (Foto: MI/Repro Tiktok)

Jakarta, MI - Sebuah video yang viral di media sosial memperlihatkan seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Taiwan telah mendapatkan surat suara Pemilu 2024.

Dalam video yang diunggah akun TikTok @hany_ajja88 itu terlihat ada tiga foto calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dalam surat suara yang ikut serta dalam Pemilu 2024.  Ketiga pasangan calon tersebut adalah Anies-Muhaimin, Prabowo-Gibran, dan Ganjar-Mahfud.

“TAIWAN, kita duluan nyoblos ya besti, kalian udah ada yang dapat juga belum nih?,” tulis keterangan dalam video tersebut seperti dilihat Monitorindonesia.com, Sabtu (23/12).

Berdasarkan keterangan pemilik video, surat suara itu dikirimkan langsung ke alamat pemilih melalui pos. 

Berbeda dengan di Indonesia, pemilih pada Pemilu 2024 di Taiwan atau luar negeri memang bisa memberikan hak suaranya dengan tiga cara yaitu datang langsung ke tempat pemungutan suara luar negeri (TPSLN) di kantor-kantor perwakilan Indonesia di luar negeri, kedua metode kotak suara keliling (KSK), dan ketiga metode surat suara via pos.

Sebagai informasi, pesta demokrasi di Indonesia akan digelar pada Rabu, 14 Februari 2024, namun di Taiwan, warga negara Indonesia (WNI) yang ada disana sudah bisa menggunakan hak pilihnya lebih dulu.

Hal itu sudah tercantum dan ditetapkan di dalam peraturan PKPU No. 7 Tahun 2022, dimana WNI yang berada di luar negeri akan melaksanakan Pemilu 2024 terlebih dahulu atau early voting dibanding dengan yang di dalam negeri.

Namun, untuk proses perhitungan dan rekapitulasi suara akan tetap dilakukan bersamaan dengan yang ada di dalam negeri.