Nah Loh! Mayoritas Pendukung PDIP, PKB dan NasDem Akui Gibran Pemenang Debat Cawapres

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 26 Desember 2023 23:03 WIB
Gibran Rakabuming Raka (tengah) (Foto: Dok MI)
Gibran Rakabuming Raka (tengah) (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - Nah loh! mayoritas pendukung PDIP, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Nasdem mengakui Gibran Rakabuming Raka sebagai sosok yang penampilannya paling menarik dalam debat cawapres pada Jumat (22/12) lalu.
 
Hal ini berdasarkan temuan terbaru lembaga survei Indikator Politik Indonesia yang dilakukan pada 23-24 Desember 2023. Mengingat, tiga partai tersebut bukan pengusung Gibran di Pilpres 2024.
 
Dalam survei tersebut, terdapat 44,4 persen pemilih PDIP yang mencap Gibran paling menarik. Sementara, Mahfud MD 42,8 persen dan Muhaimin Iskandar 7,5 persen.
 
"Basis PDIP secara jernih mengakui Gibran-lah pemenang debat meskipun keunggulannya tipis. Tetapi secara absolut pemilih PDIP lebih menilai Gibranlah pemenangnya," kata Peneliti Utama Indikator, Burhanuddin Muhtadi, saat merilis hasil survei secara daring, Selasa (26/12).
 
Sementara pemilih PKB yang mencap Gibran paling menarik ada sebanyak 38,0 persen. Kemudian disusul Mahfud MD 30,7 persen dan Muhaimin Iskandar justru berada paling buncit dengan angka 28,4 persen.
  
"Pemilih PKB pun rasional sekali, ini mohon maaf ini Cak Imin ya meskipun saya kenal baik jenengan tetapi datanya begini. Pemilih PKB itu 38 persen menganggap Gibran yang unggul," ujar Burhanuddin.
 
Tidak hanya itu, pemilih Nasdem juga punya penilaian yang sama. Terdapat 45,1 persen pemilih Nasdem menilai Gibran paling menarik; Muhaimin Iskandar 26,3 persen; dan Mahfud MD 19,1 persen. "Pemilih Nasdem juga kebanyakan memilih Gibran," kata Burhanuddin.
 
Adapun, survei dilakukan melalui wawancara telepon kepada 1.217 responden dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.