Prabowo Ungkap Alasan Dirinya Tak Bersalaman dengan Anies Baswedan Usai Debat Capres

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 7 Januari 2024 22:46 WIB
Pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming melakukan konferensi pers usai debat capres kedua (Foto: MI/Dhanis)
Pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming melakukan konferensi pers usai debat capres kedua (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Debat Pilpres tahap ketiga atau debat capres kedua yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah selesai dilangsungkan di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (7/1) malam. 

Calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto, mengatakan bahwa dirinya tidak bersalaman dengan capres nomor urut 1 Anies Baswedan usai debat dikarenakan, dirinya merasa lebih tua dari segi usia sehingga patut dihormati dan dihargai. 

"Dia gak datang ke saya, saya lebih tua dari dia, saya lebih senior dari dia, oke ya," kata Prabowo kepada wartawan usai debat capres kedua.

Sebelumnya saat debat berlangsung, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan diketahui beberapa kali bersitegang dalam hal pendapat.

Ketegangan tersebut bisa disaksikan sejak segmen satu saat Anies Baswedan memulai pemaparan program visi-misi yang menyinggung Prabowo yang kemudian dibalas kembali oleh Prabowo pada segmen tersebut.

"Kita bertekad harus punya pertahanan yang kuat, mungkin ada yang asal bicara tanpa data, ya kan. Mungkin didorong oleh ambisi yang menggebu-gebu sehingga tidak objektif," kata Prabowo dalam segmen satu sekaligus membalas tudingan Anies soal Kementerian Pertahanan yang dibobol pada tahun 2023. 

"Saya sebagai Menteri Pertahanan berpegang kepada doktrin kepada strategi nasional dan semuanya adalah atas dasar kepentingan bangsa dan rakyat Indonesia," jelas Prabowo. (DI)