Timnas AMIN Sebut Tak Ada Persekongkolan dengan Ganjar untuk "Serang" Prabowo

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 8 Januari 2024 21:01 WIB
Jubir Timnas AMIN, Billy David Nerotumilena (Foto: Antara)
Jubir Timnas AMIN, Billy David Nerotumilena (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Tim Pemenangan Nasional Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) menyatakan tidak ada persekongkolan antara pihaknya dan Calon Presiden RI Ganjar Pranowo untuk menyerang bersama-sama atau "mengeroyok" Calon Presiden RI Prabowo Subianto pada debat capres kedua. 

Jubir Timnas AMIN Billy David Nerotumilena, mengatakan bahwa kritik dari Anies dan Ganjar kepada Prabowo merupakan hal yang wajar. Apalagi, saat ini Prabowo menjabat sebagai Menteri Pertahanan, dan notabene sektor tersebut menjadi topik debat.

"Sama sekali enggak ada kesepakatan sebelumnya antara 01 (Anies) dan 03 (Ganjar) untuk sama-sama menyerang 02 (Prabowo)," kata Billy di Jakarta, Senin (8/1).

Di awal-awal debat, kata dia, Anies banyak sekali menyampaikan substansi yang diasumsikan sebagai menyerang Prabowo. Namun, menurut dia, Ganjar justru menyerang Prabowo di akhir-akhir sesi debat.

Billy mengatakan bahwa pihaknya merasa Prabowo memahami seluruh topik dan subtopik pada debat ketiga tersebut sehingga dinamika yang terjadi pada debat tersebut wajar terjadi.

"Dinamikanya baik itu pra debat atau pasca debat pasti seperti itu," katanya.

Selepas debat pertama pada tanggal 12 Desember 2023 dan debat kedua pada tanggal 22 Desember 2023, KPU menggelar debat ketiga yang kembali mempertemukan para capres.

Tema debat ketiga yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta, Minggu (7/1), meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.