Kasus Wadas Tak Boleh Terulang, Ganjar Minta Masyarakat Dilibatkan

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 14 Januari 2024 18:57 WIB
Capres RI Ganjar Pranowo dalam acara Rise Generasi Perintis di Pos Bloc, Jakarta, Minggu (14/1) (Foto: Antara)
Capres RI Ganjar Pranowo dalam acara Rise Generasi Perintis di Pos Bloc, Jakarta, Minggu (14/1) (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo meminta Gubernur Jateng periode 2024-2029 melibatkan kelompok perempuan, penyandang disabilitas hingga anak-anak dalam musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) desa.

"Ketika Musrenbang, ketika merencanakan pembangunan yang kira-kira akan berdampak di desa, libatkan lah mereka," ujar Ganjar di Pos Bloc, Jakarta, Minggu (14/1).

"Maka biasanya saya punya tradisi, ketika Musrenbang pasti ada tiga yang kita libatkan. Kelompok perempuan, penyandang disabilitas dan anak-anak," katanya.

Hal ini agar pembangunan tambang batu andesit di Wadas dan pabrik semen Rembang di Jawa Tengah yang sempat mandek itu tak terulang kembali di pemerintahan selanjutnya. Sebab, dirinya sebagai Gubernur Jawa Tengah saat itu pasang badan agar proyek bisa terus berlanjut.

"Sebagai gubernur saya diajari orang tua saya. 'Jangan ngambil manisnya saja, pahitnya pun kamu harus tanggung jawab, karena amanah itu ada di situ'," jelas dia.

Oleh karena itu, dia menyarankan bila ada pembangunan yang berdampak langsung dapat mengajak masyarakat baik itu program pemerintah maupun BUMN.