Ganjar Usulkan Masalah Wadas Dibahas Dalam Debat Pilpres

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 14 Januari 2024 20:20 WIB
Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo (Foto: Antara)
Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo, berharap pada debat keempat Pilpres untuk cawapres dengan tema Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa ada yang mengangkat persoalan isu tambang Wadas. 

Pasalnya kata Ganjar, selama ini isu tersebut kerap dikaitkan dengan dirinya, untuk itu ia menganjurkan agar persoalan ini diangkat dalam debat cawapres yang akan dihelat pada Minggu (21/1).

"Sebaiknya dibahas, karena tadi saya ceritakan ke kawan-kawan yang ada di ruangan ini bertanya tentang Semen Rembang yang saya selesaikan," kata Ganjar kepada wartawan usai menghadiri diskusi bersama Generasi Perintis, di Pos Bloc, Jakarta Pusat, Minggu (14/1).

Ganjar menegaskan, bahwa persoalan konflik di Wadas itu telah ia selesaikan ketika masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah meskipun sebenarnya itu adalah Program Strategis Nasional (PSN).

"Meskipun itu bukan program Pemprov, Wadas yang itu saya selesaikan, itu PSN karena kami dilatih bertanggung jawab ya, dan selesai insyaallah selesai," jelas Ganjar.

"BPN membantu menyiapkan dananya, nah kami menyelesaikan itu dengan baik," tambahnya.

Selperti diketahui, konflik Wadas adalah konflik yang terjadi antara pihak warga Desa Wadas, Purworejo, Jawa Tengah dengan pihak aparat kepolisian Indonesia yang terjadi sejak 2019.

Konflik ini didasari penolakan Desa Wadas atas rencana pembukaan penambangan batuan andesit di Desa Wadas. Sebab, menurut warga setempat penambangan itu akan merusak 28 titik sumber mata air warga desa. Sedangkan pada tahun 2022, sempat terjadi bentrok antara aparat kepolisian dengan warga Wadas.