PDIP Terima Pengembalian KTA Maruarar Sirait

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 15 Januari 2024 23:33 WIB
Hasto Kristyanto (Foto: Dok MI)
Hasto Kristyanto (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan telah menerima pengembalian KTA Maruarar Sirait yang telah mengundurkan diri dari partai banteng itu.

"DPP partai telah menerima laporan dari Pak Utut Adianto bahwa Pak Ara Sirait telah mengajukan pengunduran diri dengan menyerahkan KTA partai," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan, Senin (15/1).

Menurut Hasto, menjadi anggota partai didasarkan pada prinsip kesukarelaan demikian halnya untuk tidak menjadi anggota dapat mengajukan pengunduran diri.

Di sisi lain, PDIP menyinggung soal keberhasilan Maruarar Sirait sebagai pengusaha terkait pengunduran diri dari partai. "Kondisi pak Ara sekarang  sudah semakin berhasil sebagai pengusaha. Beberapa foto pak Ara dengan pengusaha menunjukkan keberhasilan itu," katanya.

Tak hanya itu, PDIP menilai pengunduran diri Maruarar Sirait juga bagian dari konsolidasi partai. Hasto mengatakan internal berjuang menempatkan kedaulatan rakyat dalam memilih pemimpin. "Pengunduran diri tersebut sebagai bagian dari konsolidasi kader partai, mengingat pengunduran diri terjadi pada saat partai sedang berjuang untuk menempatkan kedaulatan rakyat sebagai hukum tertinggi di dalam menentukan pemimpin."

"Dan sekaligus melakukan koreksi terhadap berbagai upaya yang mencoba untuk melanggengkan kekuasaan sampai harus terjadi pelanggaran etik berat oleh Anwar Usman melalui manipulasi hukum di MK," ungkap Hasto.