Debat Cawapres Kedua, Kaesang Prediksi Mahfud MD Lawan Terberat Gibran

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 21 Januari 2024 13:00 WIB
Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep (Foto: MI/Dhanis)
Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep (Foto: MI/Dhanis)

Kuala Lumpur, MI - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep, memprediksi Mahfud MD bakal menjadi lawan berat bagi Gibran Rakabuming Raka pada Debat Pilpres Keempat atau Debat Cawapres kedua yang akan digelar pada nanti malam jam 19.00 WIB (21/1).

"Cak Imin (Muhaimin) pasti menguasai, tetapi kan pandangan pribadi saya, Prof. Mahfud MD akan sangat menguasai materi, dan saya rasa beliau adalah lawan yang cukup berat pada debat kali ini," kata Kaesang setelah menghadiri silaturahim dengan G8C dan bertemu para pekerja migran Indonesia (PMI) di Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (21/1).

Kaesang yang juga menjabat Wakil Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran itu mengatakan, Mahfud mengetahui secara mendalam segala permasalahan mengenai tema debat keempat, yakni energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo itu juga menilai Mahfud telah bekerja sangat baik sebagai menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan (menko polhukam) selama di Kabinet Indonesia Maju.

"Beliau (Mahfud) bekerja sangat baik di menkopolhukam, jadi saya rasa beliau tahu permasalahan yang ada di Indonesia," kata Kaesang.

Kaesang juga menyebut Mahfud bakal menjadi lawan terberat untuk kakaknya, Gibran. Sementara itu, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, ia mengaku tak tahu menahu tentangnya.

"Saya kira lawan beliau (yang) sangatlah berat, Prof. Mahfud, ya; kalau Cak Imin kurang tahu saya; tetapi nggak masalah, Mas Gibran harus selalu menghormati dan menghargai semua lawannya," kata Kaesang. "Kami berharap semoga debat malam nanti lancar," imbuhnya.