Dompet Wartawan Kecopetan Usai Liput Debat Cawapres Kedua

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 22 Januari 2024 02:10 WIB
Debat keempat Pilpres 2024 atau debat kedua khusus calon wakil presiden (cawapres) digelar akhir pekan ini pada Minggu (21/1) malam (Foto: MI/Aswan)
Debat keempat Pilpres 2024 atau debat kedua khusus calon wakil presiden (cawapres) digelar akhir pekan ini pada Minggu (21/1) malam (Foto: MI/Aswan)

Jakarta, MI - Kejadian pencopetan dialami pewarta Kantor Berita Politik RMOL, Bonfilio Putra Mahendra, di lokasi debat keempat untuk calon wakil presiden (cawapres), di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu malam (21/1). 

Sosok yang kerap disapa Putra itu menjelaskan, awalnya suasana di lobi JCC masih ramai. Tepat diseberangnya terdapat pagar pembatas agar simpatisan tidak masuk hingga ke dekat pintu masuk VVIP yang diperuntukkan bagi capres-cawapres.

Beberapa menit sebelum kejadian pencopetan, Putra bersama awak-awak media lainnya berkumpul tepat di lobi dekat pintu masuk tersebut, menunggu pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka keluar dari dalam Plenary Hall JCC. 

Saat Prabowo-Gibran berjalan keluar menuju lobi Plenary Hall JCC,  Putra bersama puluhan awak media lainnya langsung melakukan sesi doorstop. Namun, pasangan beda generasi itu tidak berhenti sejenak untuk meladeni beberapa pertanyaan para jurnalis yang bertugas. 

Alhasil, Putra bersama para awak media terdorong hingga ke bagian pagar yang membatasi simpatisan, karena Prabowo-Gibran tidak menginginkan dilakukan sesi doorstop. 

"Di saat itu saya berhenti di depan pagar, masih di dalam pagar pembatas. Tetapi, banyak orang tak dikenal (OTK) yang berada di bagian dalam pagar selain pihak keamanan," ujar Putra kepada rekan wartawan RMOL lainnya yang bertugas di acara debat malam ini. 

Dalam kondisi itu, Putra tidak menyadari bahwa tas yang dia kenakan dalam kondisi terbuka, sehingga isi di dalamnya seperti dompet dan charger handphone dapat terlihat orang lain. 

"Gibran kan nyamperin para pendukung, nah saat itu tas sudah terbuka dan dompet udah hilang," urainya memaparkan kronologis yang diingatnya. 

Ketika Putra sadar dompetnya dicomot OTK, aparat keamanan dari kepolisian dan pihak pengamanan dari KPU RI tengah berjaga di dekat pagar pembatas simpatisan di bagian depan lobi Plenary Hall JCC. 

Namun, dia memastikan di dalam dompetnya terdapat uang tunai dan beberapa kartu ATM. Sehingga, dirinya langsung melapor kepada pihak berwajib di sektor Kota Jakarta Pusat dan beberapa bank.  "Ada STNK, SIM, ATM, dan uang tunai Rp 200 hingga 300 ribu," tandasnya.