Singgung Debat Capres Kedua, TKN: Serangan Gibran Tak Mengarah Pada Persoalan Pribadi

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 22 Januari 2024 12:05 WIB
Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid (Foto: MI/Dhanis)
Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid memuji penampilan cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka dalam Debat Pilpres keempat yang menurutnya telah berhasil mematahkan prasangka negatif yang coba dilekatkan kepadanya.

"Gibran dianggap yang ga mau debat, anaknya plonga-plongo, nggak bisa apa-apa gitu, seperti samsul, belimbing sayur, ternyata malam ini, tidak hanya bisa menjawab, tapi bisa ofensif," kata Nusron kepada wartawan di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1) malam.

Menurutnya penampilan Gibran pada debat tersebut sangat berani menyerang lawan debatnya dengan cara yang elegan dan tak menyinggung persoalan pribadi.

"Tapi, alhamdulillah, ofensifnya tidak seperti pada debat-debat sebelumnya, tidak menyinggung masalah pribadi, nggak ngasih nilai-nilai segala, nggak perlu. Tapi, dengan guyon-guyon yang sangat segar, dengan gimmick-gimmick seperti orang Jawa dan satire-satire yang itu menukik," tuturnya.

Karena itu, ia menilai apa yang dilakukan Gibran pada saat debat adalah bagian dari kecerdasan yang khas dimiliki oleh orang Jawa dalam mencairkan suasana debat yang cenderung tegang.

"Saya kira ini bagian dari kecerdasan gestur yang itu khas dimiliki oleh orang kalau kita membuat guyonan-guyonan Jawa. Saya kira ini menarik sekali debat tadi, secara umum, penampilan Mas Gibran baik," imbuhnya. (DI)