'Bocah Songong' Trending Topik di X, TKN: Gibran Sangat Sopan

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 22 Januari 2024 16:09 WIB
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming [Foto: Doc. KPU]
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming [Foto: Doc. KPU]
Jakarta, MI - Gibran Rakabuming Raka jadi trending di media sosial. Ia dapat banyak nyinyiran sebagai 'bocah songong' yang tak sopan. 

Merespons hal itu, Wakil Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Saleh Partaonan Daulay mengeklaim calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 itu merupakan, sosok yang sangat sopan. Termasuk saat debat keempat Pilpres 2024 di JCC Jakarta, Minggu (21/1) malam.

"Kalau ada yang menyatakan etika ke Gibran, tentu tidak pas. Sebab pada kenyataannya Gibran sangat sopan," kata Saleh, Senin (22/1).

Menurutnya, saat debat, yang ditanyakan Gibran sudah sesuai dengan topik. Tak lari ke mana-mana.

Bagi dia, cawapres lain tak mampu menjawab pertanyaan Gibran. Sehingga menyinggung etika putra Presiden Joko Widodo itu.

"Kalau ada yang tidak bisa jawab, itu bukan berarti yang bertanya tidak beretika. Itu hanya kelemahan lawan debat yang tidak siap," ujarnya.

Saleh juga menyayangkan pengguna media sosial. Di mana turut mempertanyakan etika Gibran ketika debat.

"Kalau di medsos, pagi ini yang dikejar malah soal etika. Padahal, Gibran itu sangat sopan: menyalami semua kandidat yang lebih senior, menundukkan badan sebagai bagian dari rasa hormat dan selama debat sering sekali meminta maaf jika ada kalimat yang salah," jelasnya.

Setelah debat selesai, Gibran memang terlihat bersalaman dengan capres dan cawapres lain. Ia menunjukkan gestur hormat.

Meski begitu, ia maklum sentimen etika ini wajar muncul, karena Gibran menunjukkan performa bagus saat debat. Ia menguasai materi dengan baik.

"Kalau mau jujur, Gibran kan dikeroyok juga kiri kanan, tetapi dia mampu menjawab dan memberikan solusi atas persoalan yang disodorkan. Dia memang betul-betul siap," tandasnya.