Berhembus Kabar Joko Widodo Jadi Ketua Tim Pemenangan Salah Satu Paslon

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 24 Januari 2024 21:33 WIB
Joko Widodo (Foto: Ist)
Joko Widodo (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Berhembus kabar bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Ketua Tim Pemenangan salah satu pasangan calon (paslon), capres dan cawapres 2024.

Salah satu politisi PDIP yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi sudah resmi bergabung ke salah satu paslon dan ditunjuk sebagai Ketua Tim Pemenangan. “Bukan cuma memihak, malah defacto sudah Jadi Ketua Tim Pemenangan,” kata sumber terpercaya kepada wartawan, Rabu (24/1).

Kendati demikian, sumber tersebut tidak menjelaskan lebih jauh terkait Tim Pemenangan dari paslon nomor urut berapa.

Adapun isu ini juga disinyalir dari pernyataan Jokowi bahwa presiden diperbolehkan untuk berkampanye. Selain itu, mantan Wali Kota Solo itu mengatakan bahwa presiden juga diperbolehkan untuk memihak kepada salah satu paslon di Pemilu 2024.

“Presiden tuh boleh loh kampanye, presiden boleh memihak boleh,” katanya di Pangkalan TNI AU Halim, Rabu (24/1).

Dia menegaskan, meski boleh berkampanye, akan tetapi tidak boleh menggunakan fasilitas negara. “Tapi yang paling penting waktu kampanye tidak boleh mengguakan fasilitas negara,” ungkapnya.

Menurut Jokowi, pejabat publik adalah jabatan politik. Dengan demikina dia berpandangan bahwa menteri juga boleh berkampanye di tahun politik ini

“Kita ini pejabat publik sekaligus pejabat politik, masa berpolitik nggak boleh, boleh. Menteri juga boleh,” tukasnya.