Boleh Memihak, Siapa Saja Menteri Jokowi Masuk Tim Kampanye?

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 24 Januari 2024 22:34 WIB
Ilustrasi - Kampanye (Foto: MI/Net/Ist)
Ilustrasi - Kampanye (Foto: MI/Net/Ist)

Jakarta, MI - Presiden Joko Widodo alias Jokowi menyatakan seorang presiden hingga para menteri boleh kampanye, boleh memihak selama pemilihan umum (pemilu) 2024. Hal itu dinyatakan Jokowi di tengah sorotan soal netralitas kabinetnya serta tudingan pemanfaatan fasilitas negara untuk berkampanye.

“Hak demokrasi, hak politik setiap orang. Setiap menteri sama saja. Yang paling penting, presiden itu boleh lho kampanye, boleh memihak," kata Jokowi.

Namun demikian, yang paling penting saat kampanye tidak boleh menggunakan fasilitas negara. Jokowi menegaskan hal itu ketika bersama Menteri Pertahanan sekaligus calon presiden Prabowo Subianto di sebuah acara di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (24/01). Menurutnya, presiden dan menteri adalah pejabat publik sekaligus pejabat politik.

“Masa gini enggak boleh, berpolitik enggak boleh. Boleh. Menteri juga boleh. Semua itu pegangannya aturan. Kalau aturannya boleh ya silakan, kalau aturannya enggak boleh ya tidak,” jelasnya.

Pernyataan Jokowi ini juga muncul setelah Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan sekaligus cawapres Mahfud MD menyatakan akan mundur dari jabatannya, tinggal menunggu moment saja.

Mahfud juga menyoroti pejabat publik yang disebutnya memanfaatkan jabatannya untuk mendapat fasilitas negara selama kampanye Pemilu 2024.

Tak hanya Mahfud, Prabowo Subianto juga saat ini masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan, kini sebagai capres 2024.

Selain itu, sejumlah menteri dan wakil menteri yang juga tergabung dalam tim kampanye para capres dan cawapres. Di lain pihak, Gibran Rakabuming Raka masih mengemban jabatan publik sebagai Wali Kota Solo. Sementara Muhaimin Iskandar sebagai Wakil Ketua DPR.

Sisi lainnya, ada sejumlah menteri dan wakil menteri yang masih aktif menjabat di kabinet Jokowi turut tergabung dalam tim sukses kubu Prabowo-Gibran maupun Ganjar-Mahfud. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno serta wakilnya, Angela Tanoesudibjo bergabung dalam Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud.

Sedangkan di dalam Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran, ada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor, serta Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Raja Juli Antoni.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir juga secara terbuka menunjukkan dukungannya kepada Prabowo-Gibran meski dia tidak tergabung secara resmi di dalam TKN. (wan)