Pasangan AMIN Janji Bakal Jamin Hak Profesi Jurnalis

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 30 Januari 2024 11:09 WIB
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Foto: MI/Dhanis)
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (AMIN), berkomitmen bakal melindungi hak-hak profesi jurnalis dalam mencari dan menyampaikan informasi.

"Saya dan Mas Anies kalau kita mendapatkan amanat ini, kita akan menjamin hak-hak yang melekat pada seorang jurnalis," kata Cak Imin dalam acara Desak & Slepet AMIN (Anies-Cak Imin) di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (29/1).

Cak Imin melanjutkan, kebebasan berekpresi dalam menyampaikan informasi harus mendapatkan jaminan perlindungan hukum.

"Kebebasan untuk menyampaikan ekspresi pekerjannya, kebebasan, perlindungan hukum itu mutlak," ujarnya.

Kata Cak Imin, bahwasanya akhir-akhir ini sering sekali terjadi kriminalisasi dan mengganggu jurnalis dalam menjalankan pekerjaannya.

"Memang jurnalis adalah profesi yang istimewa sehingga kita harus hati-hati karena akhir-akhir ini banyak sekali kriminalisasi mau pun upaya menggangu hak-hak para jurnalis," ungkapnya.

Selain itu, Anies Baswedan juga mengaku khawatir apabila kriminalisasi terhadap jurnalis masih kerap terjadi. Untuk itu, menurutnya perlu ada pedoman khusus dari penegak hukum terhadap profesi jurnalis.

"Terutama yang aspek kriminalisasi tadi, ini kriminalisasi harus hati-hati, perlu pedoman khusus dari penegak hukum jika ada pelaporan terhadap jurnalis sehingga kita punya mekanisme screening yang lebih ketat," ujar Anies. (DI)