Beredar Kabar Mahfud MD Akan Hengkang dari Kabinet Jokowi Siang Ini

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 31 Januari 2024 12:35 WIB
Mahfud Md akan mundur sebagai Menko Polhukam (Foto: MI/Aswan)
Mahfud Md akan mundur sebagai Menko Polhukam (Foto: MI/Aswan)
Jakarta, MI - Beredar kabar calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD, akan mengundurkan diri sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) hari ini, Rabu (31/1) pukul 14.00 WIB.

Seperti diketahui, Mahfud merupakan pasangan dari calon presiden (capres) Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

"Prof Mahfud MD akan mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Menkopolhukam secara resmi pada hari ini, pukul 14.00 WIB," demikian informasi yang beredar di WhatsApp Grup, Rabu (31/1).

Namun, hingga berita ini diterbitkan belum ada informasi lebih lanjut, terkait pengunduran diri anak buah Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno mengungkapkan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, mengajukan permohonan untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pratikno mengaku, permohonan itu disampaikan Mahfud saat bertemu dengannya di Jakarta, Senin (29/1) malam.

"Tadi malam beliau (Mahfud MD) dan saya bertemu. Menko (Mahfud MD) mohon menghadap Bapak Presiden," kata Pratikno dalam pesan singkat di Jakarta, Selasa (30/1/2024).

Dalam pertemuan tersebut, Pratikno mengaku, Mahfud belum menyampaikan surat pengunduran diri sebagai menteri.

"Belum (menyampaikan surat pengunduran diri)," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Mahfud MD mengatakan, akan mengundurkan diri dari jabatan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam). 

Pengunduran diri itu, kata dia, menunggu waktu yang tepat dan akan dilakukan secara baik-baik.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri saat ini, masih melakukan kegiatan kunjungan kerja di Jawa Tengah, dan diperkirakan baru tiba di Jakarta pada Kamis (1/2).