Ganjar: Bangsa Ini Sering Dikecewakan Pemimpinnya

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 5 Februari 2024 11:09 WIB
Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo (Foto: Dok MI)
Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo, mengatakan bahwa pemimpin bangsa ini terlalu sering mengecewakan rakyatnya. Karena itu, jika dirinya dan Mahfud MD terpilih menjadi pasangan presiden dan wakil presiden, maka hal itu tak boleh lagi terjadi.

Menurutnya, selama dirinya berkeliling dan berkampanye di berbagai daerah, ia mengaku banyak mendengarkan keluh-kesah rakyat yang banyak dikecewakan oleh para pemimpinnya.

Hal itu disampaikan Ganjar, saat memberikan closing statement pada debat Pilpres kelima di JCC Senayan Jakarta, Minggu (4/2) malam.

"Mereka sampaikan, saya catat dalam tiga hal, yang pertama bangsa ini sering sekali dikecewakan oleh para pemimpinnya. Kita tidak mau lagi itu terjadi," kata Ganjar.

Ganjar mengatakan, kekecewaan itu didapatkan rakyat setelah merasa adanya ketidakadilan terhadap akses kesehatan, pendidikan hingga sulitnya mencari lapangan pekerjaan.

"Kita tidak boleh lagi membiarkan kekecewaan itu terulang dan kemarahan rakyat kemudian muncul lalu mereka menjadi apatis," ujar Ganjar.

Lebih lanjut, kata Ganjar, rakyat juga menginginkan adanya kestabilan situasi politik dan tak ingin ada dinasti politik di Indonesia.

"Selanjutnya harus menjaga proses politik demokrasi yang baik, kita musti melawan dinasti politik itu yang di dukung oleh mereka yang statementnya yang sangat terbuka menguasai sepertiga kekayaan Indonesia," paparnya.

Atas dasar itu, kata Ganjar, rakyat semakin terluka dengan kondisi bangsa yang seperti ini. "Sungguh-sungguh rakyat merasa terluka karena statement itu, dan yang mengutamakan kepentingan keluarga menjadi di atas kepentingan segalanya," jelasnya. (DI)