TPN Klaim Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin Masuk Putaran Kedua, Survei Membuktikan!

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 9 Februari 2024 02:29 WIB
Mahfud Md, Ganjar Pranowo, Prabowo Subinato, Gibran Rakabuming Raka, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Foto: Istimewa/Instagram cakiminnow)
Mahfud Md, Ganjar Pranowo, Prabowo Subinato, Gibran Rakabuming Raka, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Foto: Istimewa/Instagram cakiminnow)

Jakarta, MI - Sejumlah lembaga survei menyatakan bahwa elektabilitas pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dengan nomor urut 02, telah melebihi 50 persen. Disebut-sebut bakal menang satu putaran dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024 yang akan dihelat pada 14 Februari 2024.

Namun klaim survei dari internal Tim Pemenangan Nasional (TPN) bahwa yang akan maju dalam putaran kedua adalah paslon nomor urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan paslon nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

"Di survei internal kami, di triangulasi kami malah yang maju putaran dua 03 dan 01," kata Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Andi Widjajanto kepada wartawan, Kamis (8/2).

Soal hasil survei capres-cawapres dari beberapa lembaga yang dirilis berbeda dengan hasil survei internal TPN. Menurut Andi, jika dilihat dari datanya, ada kesalahan dalam proses survei mereka. "Kami bisa melihat di mana surveinya bermasalah sih, di kecamatan mana, di desa mana, kalau kita lihat datanya," ujarnya.

Saat ini banyak lembaga survei yang merilis elektabilitas Prabowo-Gibran sudah di atas 50 persen

Berdasarkan hasil survei Indonesia Network Election Survey (INES) dilakukan pada 23 Januari-4 Februari 2024. Elektabilitas Prabowo – Gibran bertengger di urutan nomor satu dengan tingkat elektabilitas mencapai 58,1 persen dan disusul oleh Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan tingkat elektabilitas sebesar 21,2 persen kemudian Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar 15,8 persen.

Lalu Lembaga survei Populi Center menunjukkan elektabilitas Prabowo-Gibran paling tinggi dengan angka 52,5 persen. Sementara, pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 22,1 persen dan pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD 16,9 persen. Survei ini digelar pada 27 Januari-3 Februari 2024.

Kemudian ada pula survei LSI Denny JA pada 16-26 Januari 2024 menyatakan bahwa, Prabowo-Gibran unggul dengan 50,7 persen. Disusul Anies-Cak Imin 22,0 persen dan Ganjar-Mahfud 19,7 persen. 

Tak hanya itu, survei Populi Center yang digelar pada 27 Januari-3 Februari, menyatakan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul sebesar 52,5 persen. Lalu Anies-Cak Imin mendapatkan dukungan sebesar 22,1 persen dan Ganjar-Mahfud MD hanya 16,9 persen.

Kemudian survei terbaru Survei Political Statistics (Polstat) Prabowo-Gibran juga menempati posisi pertama dengan elektabilitas 52,8 persen. Disusul Anies-Cak Imin dengan 26,5 persen dan Ganjar-Mahfud MD dengan 18,2 persen. Survei ini digelar pada 4-7 Februari 2024. (wan)