5 Tugas Abdon Nababan Jika Terpilih DPD RI 2024

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 9 Februari 2024 17:32 WIB
Abdon Nababan, Calon Anggota DPD RI dari Sumut [Foto: Facebook/Abdon Nababan]
Abdon Nababan, Calon Anggota DPD RI dari Sumut [Foto: Facebook/Abdon Nababan]

Medan, MI - Semua lapisan masyarakat menantikan pesta demokrasi, yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang. Sebentar lagi Indonesia akan mendapatkan pemerintahan baru, dan membawa harapan baru.

Pemilu kali ini akan menentukan, siapa yang akan memimpin Republik Indonesia (RI) untuk periode 2024-2029. Selain itu juga memilih anggota legislatif DPR RI, DPD RI dan DPRD Provinsi hingga DPRD Kabupaten/kota.

Dalam hal ini, proses pemilu diharapkan dapat berlangsung kondusif, aman, dan transparan. Salah satu kandidat Calon Anggota DPD yang akan ikut dalam pemilihan dari daerah pemilihan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) adalah Abdon Nababan. 

Abdon merupakan seorang aktivis lingkungan, aktivis pembela hak Ulayat, dan pemerhati lingkungan dari sektor pariwisata, yang juga bergabung dalam Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN).

Abdon Nababan memiliki beberapa program, apabila terpilih nantinya menjadi wakil DPD RI Provinsi Sumut. 

Berikut 5 program Abdon Nababan:

1. Mempercepat pengembalian hak-hak adat di Sumatera Utara (Sumut) dan melanjutkan perjuangan untuk mengeluarkan hak ulayat dari kawasan hutan negara.

2. Memperkuat dan memajukan kebudayaan suku-suku di daerah untuk memperkokoh Bhinneka Tunggal Ika dan harmoni sosial di Sumut.

3. Memperjuangkan tersedianya mekanisme penyelesaian konflik agraria dan memperkuat kepastian hukum atas hak-hak tanah, termasuk pengawal peninjauan izin konsesi dan Hak Guna Usaha (HGU) yang sudah puluhan tahun berkonflik dengan masyarakat adat seperti izin konsesi HTI TPL dan HGU PT PTPN II.

4. Memperkuat otonomi asli penyelenggara Pemerintahan desa serta memperjuangkan alokasi APBN untuk dana desa yang lebih besar. 

5. Memperjuangkan program pertanian berkelanjutan yang selaras dengan alam dan restorasi ekosistem pegunungan dan mangrove di pesisir Sumut.