Surya Paloh Ingatkan Jokowi, Kritikan Guru Besar Itu Seperti Nafas Bangsa

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 10 Februari 2024 18:00 WIB
Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh (Foto: Ist)
Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, menilai kritikan-kritikan yang dilayangkan oleh para guru besar dari berbagai perguruan tinggi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) seperti nafas segar yang memberi pencerahan terhadap situasi demokrasi Indonesia belakangan ini.

"Di sanalah pusat moralitas dan nafas bangsa, yang mampu memberikan pencerahan terhadap bagaimana perjalanan kebangsaan kita," kata Paloh saat ditemui di Jakarta International Stadium, Jakarta Utara, Sabtu (10/2).

Kata Paloh, kritikan-kritikan itu tak boleh dianggap enteng seperti angin lalu. Pasalnya, kritikan dari sejumlah guru besar dinilainya sangat serius.

"Satu hal yang pasti saya pikir, kita tidak boleh meragukan dan menganggap enteng terhadap semua pikiran-pikiran yang mengkritisi," ujarnya.

Karena kata Paloh, letak corong keilmuan ada di para guru besar dan perguruan tinggi. "Apalagi yang datang dari para ilmuwan para guru besar kita, dan di sana lah sebagai pusat," imbuhnya.

Untuk itu, kata Paloh kritikan tersebut adalah bentuk niat baik dan kepedulian terhadap demokrasi Indonesia agar tetap berjalan pada nilai-nilai konstitusi.

"Saya yakin itu memiliki niat baik untuk bagaimana kita bisa melaksanakan perjalanan kehidupan kebangsaan kita dengan tetap berpijak pada nilai-nilai konstitusional," jelasnya. (DI)