Jumlah Penonton Kampanye Akbar Prabowo-Gibran Pecah Rekor Tertinggi

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 11 Februari 2024 01:03 WIB
Kampanye akbar Prabowo-Gibran di GBK, Sabtu (10/2) (Foto: Dok MI)
Kampanye akbar Prabowo-Gibran di GBK, Sabtu (10/2) (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - Ribuan pendukung pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, memadati lokasi kampanye terakhir Pilpres 2024 yang berlangsung di Jakarta dan Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (10/2).

Ketiga paslon tampak berusaha memanfaatkan kesempatan terakhir ini dengan menjabarkan janji-janji yang akan dilakukan jika berhasil memenangkan Pilpres 2024.

Untuk lokasi, Anies Baswedan-Cak Imin memilih Jakarta International Stadium (JIS) sebagai tempat penyelenggaraan kampanye besar mereka, sementara Prabowo-Gibran memilih Stadion Gelora Bung Karno (GBK), dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD memilih 'kandang banteng' di Semarang sebagai lokasi kampanye besar mereka.

Anies-Cak Imin

Sekitar 82.000 kursi di stadion JIS terlihat terisi penuh, dengan lapangan juga dipadati oleh massa pendukung Anies Baswedan-Cak Imin. Tidak hanya di dalam stadion, tetapi juga di area sekitar stadion JIS, massa pendukung terlihat memenuhi ruang untuk mendukung Anies Baswedan-Cak Imin.

Tim Kampanye Nasional (TKN) Anies Baswedan-Cak Imin bahkan menyediakan layar videotron besar agar pendukung di luar stadion dapat menikmati acara kampanye tersebut. JIS merupakan salah satu stadion terbesar di Asia dengan kapasitas 82.000 kursi penonton, belum termasuk lapangan ketika dibuka untuk kerumunan.

Prabowo-Gibran

Nurson Wahid dari Tim Kampanye Nasional (TKN) menyatakan bahwa sekitar 500.000 orang diharapkan hadir dalam kampanye besar Prabowo-Gibran di GBK. Viva Yoga Mauladi, Direktur Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, menjelaskan bahwa pemilihan GBK sebagai lokasi kampanye besar merupakan keputusan kolektif yang disetujui bersama oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Viva Yoga menyoroti alasan di balik pemilihan GBK sebagai lokasi kampanye besar. Stadion GBK memiliki kapasitas tribun sebanyak 74.000 kursi, dan mampu menampung lebih banyak lagi ketika lapangan dibuka untuk kerumunan atau massa. Viva Yoga menyatakan, "Tidak hanya penuh, tetapi juga meluber."

Ganjar-Mahfud

Her Suprabu, Ketua Panitia Acara Kampanye Besar Ganjar Pranowo-Mahfud MD, mengungkapkan bahwa acara kampanye ini terdiri dari dua kegiatan, yaitu pawal 21 gerobak sapi dari Ngarsopura menuju Benteng Vastenburg, dan acara puncak kampanye besar yang dihadiri lebih dari 100.000 orang.

Menurutnya, acara kampanye Ganjar-Mahfud dimulai dengan kirab dari Ngarsopura menuju benteng, dan berakhir sekitar pukul 10.00 WIB, setelah itu Ganjar-Mahfud menuju ke Semarang untuk menghadiri kampanye besar.

Arsjad Rasjid dari Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud menggambarkan acara tersebut sebagai "Hajatan Rakyat", yang menurutnya, melibatkan seluruh lapisan masyarakat, dari hiburan, kirab, hingga pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), menciptakan atmosfer yang sangat merakyat.

Chico Hakim, Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, menjelaskan bahwa pemilihan Semarang sebagai lokasi kampanye besar adalah sebagai ungkapan terima kasih kepada Jawa Tengah yang telah setia mendukung Ganjar Pranowo.

"Kami menggelar acara di Semarang sebagai bagian dari rasa terima kasih dan juga untuk mengajak warga Jawa Tengah yang telah setia mendukung Pak Ganjar untuk turut serta merayakan kampanye dalam Pilpres 2024," kata Chico Hakim.

Usai kampanye, pada Minggu (11/2/2024) akan dimulai masa tenang, dan pada hari Rabu (14/2/20224) akan digelar hari pencoblosan Pemilu 2024.