Connie Rahakundini: Prabowo Sempat Bilang Cuma Jadi Presiden 3 Tahun, Gibran 2 Tahun?

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 12 Februari 2024 21:21 WIB
Presiden Joko Widodo, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (Foto: MI/Ig Prabowo Subianto)
Presiden Joko Widodo, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (Foto: MI/Ig Prabowo Subianto)

Jakarta, MI - Pengamat Militer, Connie Rahakundini Bakrie, memberikan keterangan kepada awak media di Kawasan Tebet, Jakarta Selatan, pada Senin, 12 Februari 2024 soal tudingan Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani, soal polemik tawar-menawar jabatan Wakil Menteri Pertahanan dan Wakil Menteri Luar Negeri jika bergabung dengan kubu capres-cawapres nomor urut 2 itu. 

Menurut keterangan Connie, dirinya justru yang ditawarkan kedua jabatan tersebut oleh Rosan.

Awalnya dia bercerita, Prabowo Subianto sempat menyatakan hanya akan menjabat sebagai presiden selama tiga tahun. 

Hal itu disampaikan langsung oleh Prabowo dalam sebuah pertemuan di Singapura.

"Gini aja komentar saya, saya memahami kalau pada panik. Tapi saya mendapatkan perkuatan informasi itu, jadi bukan cuma diomongin ke saya oleh Pak Ambassador Rosan, tapi juga pernah didengar oleh Bapak Hasto Kristiyanto (Sekjen PDIP) dalam pertemuan pengusaha di Singapura," kata Connie dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (12/2).

Connie mengatakan berdasarkan pengakuan Prabowo, kepemimpinannya akan diteruskan oleh Gibran yang merupakan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Namun, ia tak membeberkan kapan pertemuan di Singapura itu terjadi. Ia meminta hal tersebut ditanyakan kepada Hasto.

"Pak Prabowo menyatakan di depan para pengusaha di Singapura, beliau hanya akan tiga tahun, kemudian diteruskan Gibran. Kalau tidak salah ya, nanti tanya Pak Hasto langsung," katanya.

Dia menyebut skenario masa jabatan itu disiapkan demi Gibran. Dengan skenario itu, Gibran tetap bisa mengikuti pemilihan presiden dua kali lagi, sehingga total masa jabatannya jadi 12 tahun.

"Bedanya cuma satu, ketika Pak Prabowo menyatakan di depan sana, katanya beliau hanya akan tiga tahun, kemudian tersisa Gibran dua tahun. Maka, kemudian, Gibran akan running dua kali lagi, jadi total 12 tahun," beber Connie.

"Tapi kalau Pak Rosan bilang sama saya, adalah Prabowo akan dua tahun, kemudian akan diteruskan oleh Gibran tiga tahun," imbuhnya.