Jokowi Ingin Temui Megawati

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 15 Februari 2024 12:18 WIB
Presiden Joko Widodo dan Megawati Soekarnoputri [Foto: Doc. MI]
Presiden Joko Widodo dan Megawati Soekarnoputri [Foto: Doc. MI]

Jakarta, MI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara soal meminta bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, yang difasilitasi oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X (Sultan HB X).

Jokowi mengatakan, pertemuan dengan tokoh bangsa merupakan silaturahmi yang sangat baik untuk negara.

Hal itu diungkapkan Jokowi, usai menghadiri pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JiExpo, Jakarta Pusat, Kamis (15/2).

"Yang namanya silaturahmi dengan semua tokoh-tokoh bangsa itu sangat baik. Untuk negara ini sangat baik," kata Jokowi, Kamis (15/2).

Sebelumnya, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X (Sultan HB X) mengakui diminta untuk menjadi perantara dalam pertemuan Jokowi, dan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri.

Seperti diketahui, bahwa hubungan antara Jokowi dengan Megawati dikabarkan mengalami kerenggangan, setelah keduanya memiliki arah dukungan berbeda pada Pilpres 2024. 

PDIP mengusung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, sebagai capres dan cawapres. 

Sementara Jokowi, putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka, maju sebagai cawapres dari capres nomor urut 2, Prabowo Subianto. Namun, ia belum pernah menyatakan secara resmi arah dukungannya di Pilpres 2024.