Darmizal dapat Dipertimbangkan Mengisi Salah Satu Menteri yang akan Dicopot dari 4 Partai

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 15 Februari 2024 17:59 WIB
Fernando Emas (Foto: Dok MI)
Fernando Emas (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - Hasil berbagai hitung cepat pilpres menempatkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang yang kemungkinan hanya dilakukan satu putaran Pilpres 2024.

Lalu apa langkah politik Presiden Joko Widodo pasca pengumuman hasil pilpres oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Maret yang akan datang?

Sejak didaftarkannya Gibran Rakabuming Raka menjadi cawapres Prabowo, banyak pihak berharap agar Presiden Jokowi mengeluarkan PDI Perjuangan, Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dari Kabinet Indonesia Maju.

"Kalau langkah itu diambil oleh Jokowi, sebaiknya untuk mengisi posisi yang sebelumnya diisi oleh keempat kader partai tersebut sebaiknya dari para loyalis yang selama ini membantu Jokowi," kata pengamat politik, Fernando Emas kepada Monitorindonesia.com, Kamis (15/2).

Ada Ketua Umum Relawan Jokowi yang layak diberikan kepercayaan untuk membantu menuntaskan pemerintahannya yang akan berakhir pada bulan Oktober 2024.

"Misalnya seperti Ketum Relawan Jokowi (ReJo), Darmizal yang dalam berbagai kesempatan berulang kali disebut oleh banyak pihak sangat layak mendapatkan kesempatan untuk membantu Jokowi dalam pemerintahannya," ungkapnya.

Apalagi loyalitas Darmizal terus dibuktikan dengan mendukung pencalonan Gibran pada pilpres yang baru dilaksankan dengan membentuk ReJo Pro Gibran.

"Pengalaman Darmizal tentu dapat dipertimbangkan oleh Jokowi untuk menempatkannya pada posisi yang tepat karena Jokowi lebih tahu kebutuhan untuk memperkuat pemerintahannya agar semakin memuaskan masyarakat," tandasnya. (wan)