Bawaslu Tegaskan Tak Ada Manipulasi C Plano

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 16 Februari 2024 16:00 WIB
Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja (Foto: MI/Dhanis)
Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Rahmat Bagja, memastikan C plano tidak akan dapat dimanipulasi apapun caranya. Oleh sebab itu dalam menjaga suara hasil perhitungan suara Pilpres 2024 masyarakat harus ikut mengawasi agar tidak ada kecurangan dalam proses penghitungan suara. 

"C plano tidak bisa dimanipulasi, itu yang perlu dicek. Saatnya sekarang masyarakat mengecek itu," kata Bagja di kantor Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (16/2). 

Bagja menjelaskan, meski ditemukan kekeliruan saat proses input data dan pengunggahan melalui sirekap, hal itu tidak serta merta dapat dijadikan acuan sebagai dugaan kecurangan pemilu. Karena banyaknya para petugas di lapangan yang memiliki handphone dengan kualitas resolusi kamera yang kurang memadai.

"Walaupun nanti tergantung resolusinya (handphone) kan burem-burem tuh," ujar Bagja.

Sebab dari kekeliruan itu tidak begitu masif sehingga tidak mempengaruhi perolehan suara masing-masing pasangan calon presiden dan wakil presiden. 

"Kita harus percaya pada sistem ini berjalan. Ada kritik silahkan wajar, itu masih ada lubangnya," ujarnya. 

"Nah di sinilah saatnya masyarakat menjaga itu. C plano yang diupload hasil rekap kalau misalnya ada C planonya burem komplain ke KPU, kami juga akan komplain ke KPU," pungkasnya. (DI)