Jokowi Efek Berikan Kekuatan PDIP Menjadi Oposisi

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 17 Februari 2024 14:30 WIB
Pengamat Politik Citra Institute, Efriza (Foto: MI/Dhanis)
Pengamat Politik Citra Institute, Efriza (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Pengamat Politik Citra Institute Efriza, menilai PDI Perjuangan akan mengambil langkah sebagai oposisi jika hasil rekapitulasi KPU selesai tetap menunjukkan kemenangan Paslon 02 Prabowo-Gibran dengan perolehan suara di atas 50 persen.

Kata Efriza, meskipun Prabowo akan berusaha mengajak dan membujuk PDIP untuk bergabung di dalam pemerintahannya, PDIP diyakini akan enggan menerima tawaran tersebut.

"PDIP akan memilih sebagai oposisi karena harga diri dengan semangat tinggi, karena kekuatan besarnya di Parlemen, dari hasil quick count ia menempati posisi pertama dan Gerindra menempati posisi ketiga," kata Efriza saat dihubungi Monitorindonesia.com, Sabtu (17/2).

Menurutnya, PDIP akan menjaga harga dirinya dengan menjadi oposisi, mengingat kemenangan besar Paslon 02 tak bisa dilepaskan dari campur tangan dan pengaruh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Bagi PDIP menjadi oposisi adalah mengenai soal harga diri, kemenangan Prabowo-Gibran, tak bisa dilepaskan dari peran Jokowi. Seolah telah terjadi, bak satu orang Jokowi mengalahkan satu organisasi PDIP," ujarnya.

Kekalahan PDIP, kata Efriza, seolah menjawab perdebatan panjang tentang Jokowi atau PDIP yang memiliki andil besar hingga dapat memerintah dua periode terakhir.

"Apalagi ini seorang "petugas partai" seperti Jokowi, yang dianggap "cupu", dari deso, telah membantu Prabowo mengalahkan PDIP," ucapnya.

Sehingga atas Faktor itu, PDIP diyakini akan berusaha mengumpulkan kekuatan besar selama menjadi oposisi, agar bisa kembali berkuasa sebagaimana Pemilu 2014 lalu.

"Ini ditenggarai akan melipatkan energi besar dari semangat PDIP untuk menjadi oposisi. Hal ini juga didorong oleh fakta bahwa menjadi oposisi, PDIP juga pernah keren, bahkan berhasil memerintah karena dari oposisi di masa Orde Baru dan di Masa Era SBY," jelas Efriza. (DI)