Mahfud MD: Jika Demokrasi Disumbat, Maka Demokrasi Akan Membuka Jalannya Sendiri

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 17 Februari 2024 16:12 WIB
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 03, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (Foto: Ist)
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 03, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Calon wakil presiden nomor urut 03, Mahfud MD, menegaskan bahwa dirinya akan terus berjuang untuk demokrasi dan keadilan, meskipun hasil Pilpres 2024 mengatakan kekalahan bagi Paslon 03 Ganjar-Mahfud.

"Apa pun hasil dari pilpres ini, saya akan terus berjuang untuk demokrasi dan keadilan," kata Mahfud kepada wartawan di Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, Sabtu (17/2).

Kata Mahfud, jalan perjuangan menuju demokrasi yang berkeadilan bukan hanya dari Pemilu. Pemilu hanya salahsatu kendaraan dari sekian banyaknya kendaraan yang bisa digunakan.

"Jalan Perjuangan untuk demokrasi dan keadilan bukan hanya Pemilu. Pemilu hanya salahsatu ekspresi demokrasi," ujar Mahfud.

Mahfud juga tak khawatir dan tak menyesali soal keputusannya yang mengundurkan diri dari jabatan Menko Polhukam. Menurutnya, ia akan tetap produktif memperjuangkan demokrasi dan penegakan hukum meski tanpa jabatan apapun di Pemerintahan.

"Saya pernah tak di jabatan apapun pada tahun 2014 sampai 2016, tetapi tetap produktif berjuang dalam demokrasi dan penegakan hukum," jelasnya.

Mahfud juga menegaskan, jika demokrasi dibungkam maka, demokrasi akan membuka jalannya sendiri dan dengan caranya sendiri.

"Sejarah mengatakan jika demokrasi disumbat, maka demokrasi akan membuka jalannya sendiri. Ini sejarah kita maupun sejarah dunia," tegas Mahfud. (DI)