Ujang Komarudin: Pemilu 2024 Tidak Akan Berakhir Chaos

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 17 Februari 2024 20:16 WIB
Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin (Foto: MI/Dhanis)
Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin, menilai usai Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 tidak akan terjadi chaos atau kekacauan seperti yang diisukan dari jauh-jauh hari sebelum hari pemungutan suara.

Ujang pun membandingkan antara Pemilu 2024 dengan Pemilu 2019. Menurutnya, Pemilu 2019 yang dinilai banyak pihak sebagai Pemilu terpanas dalam sejarah demokrasi Indonesia pun tak sampai membuat situasi menjadi chaos.

"Apakah akan Chaos? Saya rasa tidak ya. Saya melihat Pemilu 2019 yang lalu banyak demonstrasi di jalan, ada yang makan korban. Saat ini ketika pencoblosan-pasca pencoblosan tidak ada kawat berduri, tidak ada tank baja yang dipasang di jalan-jalan, gak ada," kata Ujang kepada Monitorindonesia.com, Sabtu (17/2).

Kata Ujang, Pemilu kali ini sangat aman dan damai dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia, berbeda jika dibandingkan dengan Pemilu 2019 lalu. "Jadi kita lebih aman dan damai," ucapnya.

Selain itu, Ujang percaya dengan sikap kenegarawanan Paslon 01 Anies-Muhaimin dan Paslon 03 Ganjar-Mahfud yang akan menerima hasil apapun jika melakukan gugatan kepada Mahkamah Konstitusi (MK).

 "Saya meyakini kubu 01 dan 03 pun berjiwa negarawan sambil memproses nanti misalkan ada pengungkapan dugaan-dugaan kecurangan di MK," ujarnya.

"Disaat yang sama juga mereka akan berjiwa negarawan. Ya siap menang dan siap kalah, disitulah kontestasi, ada yang menang ada yang kalah," tambahnya menegaskan. (DI)