Massa Demonstrasi Nekat Panjat Pagar untuk Masuk ke Kantor Bawaslu RI

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 19 Februari 2024 18:17 WIB
Aksi Demonstrasi di Bawaslu RI Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat [Foto: Repro]
Aksi Demonstrasi di Bawaslu RI Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat [Foto: Repro]

Jakarta, MI - Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI digeruduk oleh dua kelompok demonstran pada hari ini, Jalan MH Thamrin, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Senin siang (19/2).

Adapun dua kelompok tersebut yakni, kelompok gerakan keadilan rakyat yang menyampaikan aspirasi kekecewaannya kepada Bawaslu dan kelompok yang mengatasnamakan mahasiswa yang memandang Pemilu 2024 sudah berjalan baik.

Kelompok yang kontra dengan penyelenggaraan pemilu itu berusaha masuk ke dalam kantor Bawaslu RI dengan mencoba memanjat pagar.

"Awas, kita mau masuk. Niat kami baik demi demokrasi," kata salah seorang massa demontrasi di tengah situasi yang mulai memanas.

Aksi demonstrasi tersebut makin memanas usai kelompok pro terhadap penyelenggara Pemilu mengatakan bahwa Pemilu sudah selesai.

"Pemilu sudah selesai. Bahkan hasil quick count sudah ada. Jadi Terima saja. Sekarang rakyat sudah cerdas," ujar salah seorang orator kelompok mahasiswa.

Mendengar teriakkan kelompok mahasiswa itu dari mobil komando, salah seorang kelompok kontra pun membalas dan meminta untuk sang orator turun dari mobil komando.

Atas aksinya itu pun memancing massa aksi kelompoknya dan mulai merangsek masuk ke barisan kelompok yang mengklaim diri mahasiswa.

Dengan sigap, aparat kepolisian yang bertugas pun langsung menengahi kedua kelompok tersebut yang memananas hingga berhasil didinginkan.