Disebut Dapat Peran Penting di Pemerintahan Selanjutnya, Ini Tanggapan Jokowi

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 28 Februari 2024 15:32 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Foto: Ist)
Presiden RI Joko Widodo (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), dikabarkan bakal menduduki posisi penting di pemerintahan Prabowo-Gibran jika ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024 oleh KPU RI, sebagaimana hasil quick count dan real count KPU yang menunjukkan keunggulan pasangan tersebut. 

Menjawab isu tersebut, Jokowi hanya meminta awak media untuk bertanya langsung kepada Prabowo Subianto yang berada di belakangnya saat jumpa pers. 

"Tanyakan ke Pak Prabowo, kok tanya ke saya," timpal Jokowi, usai menghadiri Rapat Pimpinan TNI dan Polri Tahun 2024, di Gedung Ahmad Yani, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu (28/2).

Namun, saat ditanya kembali mengenai keterlibatannya dalam penyusunan kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran, Jokowi kembali meminta awak media untuk bertanya langsung kepada Prabowo.

"Ditanyakan kepada pak Prabowo, kok tanya kepada saya," ujar Jokowi.

Lebih lanjut, ketika ditanya kembali oleh awak media bahwa Menteri Perekonomian yang juga Ketua Umum Partai Golkar menyebut bahwa Jokowi akan menduduki posisi penting dalam pemerintahan Prabowo-Gibran. Jokowi lagi-lagi hanya meminta untuk bertanya langsung kepada yang mengatakan hal tersebut. 

"Tanyakan ke Pak Airlangga," ucap Jokowi. 

Sebelumnya, Airlangga Hartarto menyebut presiden Jokowi akan mendapatkan peran di pemerintahan berikutnya jika pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi pemenang Pilpres 2024.

“Tentu akan ada perannya tapi kita tunggu saja,” kata Airlangga Hartarto yang juga Menteri Koordinator bidang Perekonomian di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (27/2). (DI)