30 Anggota DPR dari 4 Fraksi Diminta Segera Lakukan Hak Angket Kecurangan Pilpres 2024

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 1 Maret 2024 11:11 WIB
Gedung DPR RI (Foto: MI/Dhanis)
Gedung DPR RI (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Kelompok masyarakat sipil yang tergabung dalam Gerakan Indonesia Adil dan Demokratis (GIAD) mendorong 30 nama anggota DPR RI dari empat fraksi untuk segera melakukan hak angket atas dugaan kecurangan keterlibatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam penyelenggaraan Pilpres 2024. Adapun empat fraksi itu dari NasDem, PDI Perjuangan, PKB, dan PKS.

Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif Lingkar Madani (LIMA) Ray Rangkuti, dalam forum curah gagasan bertajuk 'Angket Pemilu: Rilis 30 Nama Anggota DPR Didorong Ajukan Hak Angket', seperti dikutip dari akun YouTube Para Syndicate, Jumat (1/3). 

"Kami yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat sipil dengan ini mengajukan dan mendorong nama-nama anggota fraksi DPR RI berikut agar menandatangani usulan atau pengajuan hak angket dugaan kecurangan dan cawe-cawe presiden dalam Pilpres 2024 yang baru saja berakhir," kata Ray. 

Kata Ray, pihaknya sempat menghubungi tiga nama anggota DPR yang menyatakan bersedia untuk menandatangani terkait pengajuan hak angket tersebut.

"Tiga dari 30 nama ini sempat kami hubungi dan menyatakan siap untuk menandatangani, yakni Irma Suryani (NasDem), Masinton Pasaribu (PDIP), dan Daniel Johan (PKB), yang mungkin akan diserahkan nanti kepada pimpinan DPR," ungkap Ray. 

Selanjutnya, Ray mengatakan, bahwa pihaknya akan segera menghubungi 27 nama anggota DPR lainnya untuk secara sukarela menandatangani pengajuan hak angket tersebut.

 "Tentu 27 nama belum kami hubungi dan InsyaAllah kami akan membentuk tim untuk memastikan kerelaan mereka menandatangani perjanjian atau apalah namanya, berkaitan dengan pengajuan hak angket di DPR RI," tukas Ray.

Berikut 30 nama anggota DPR yang didorong oleh kelompok GIAD: 

Fraksi PDIP 

  1. Adian Napitupulu
  2. Arief Wibowo 
  3. Junimart Girsang
  4. Djarot S. Hidayat
  5. Eriko Sotarduga
  6. Harvey B. Malaihollo
  7. Irine Yusiana Roba Putri
  8. Krisdayanti
  9. Masinton Pasaribu
  10. Putra Nababan
  11. Rieke Diah Pitaloka

Fraksi PKB 

  1. Arzeti Bilbina
  2. Daniel Johan
  3. Faisal Reza
  4. Nihayatul Wafiroh
  5. H. Syaiful Huda
  6. Ibnu Multazam
  7. Luluk Nur Hamidah
  8. Maman Imanul Haq
  9. Yanuar Prihatin

Fraksi Nasdem 

  1. Ahmad Sahroni
  2. Awang Faroeq Ishak
  3. Irma Suryani
  4. Martin Manurung
  5. Saan Mustopa
  6. Taufik Basari

Fraksi PKS 

  1. Hj. Anis Byarwati
  2. Hidayat Nur Wahid
  3. Mardani Ali Sera
  4. M. Nasir Djamil