Bawaslu Berharap Rakyat Kondusif saat Hasil Pemilu Diumumkan oleh KPU

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 16 Maret 2024 13:14 WIB
Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja (Foto: MI/Dhanis)
Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, berharap suasana bakal kondusif pada saat pengumuman hasil Pemilu secara resmi disampaikan oleh KPU RI pada 20 Maret 2024 nanti.

"Kalau berkaca tanggal segini (sampai hari ini), sekarang masih terkendali," ujar Bagja kepada wartawan, Sabtu (16/3/2024).

Bagja bersyukur, meski sempat terjadi beberapa kali aksi demonstrasi dari kelompok masyarakat. Demo tersebut tidak sampai menimbulkan kericuhan.

Bagja juga mengapresiasi sinergitas dan koordinasi yang dilakukan Polri dan TNI guna mengamankan aksi demonstrasi pasca pemungutan suara berlangsung aman dan damai. 

"(Selama) 15 hari setelah pemungutan suara (kemarin) pasti ada demonstran protes soal hal-hal tersebut (pemungutan suara)," sambungnya. 

Bagja memastikan bahwa pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Polri dan TNI dalam menyambut penetapan hasil Pemilu 2024.

Ia juga mengaku jika Bawaslu tengah mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan untuk mengantisipasi adanya gugatan dari peserta Pemilu.

"Karena hanya tiga hari setelah penetapan (hasil pemilu), laporan tim paslon (pasangan calon) pasti mulai berdatangan. Semoga tetap kondusif," demikian Bagja.