KPU Pastikan Rekapitulasi Hari Terakhir Akan Berlangsung Cepat

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 20 Maret 2024 16:57 WIB
Kantor KPU RI (Foto: MI/Dhanis)
Kantor KPU RI (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyebut rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional di hari terakhir akan berlangsung ringkas dan tak bertele-tele.

"Jadi sebenarnya lebih simpel, lebih ringkas, dan biar saja dilakukan di Panel A. Nanti akan ada ketua (KPU RI) yang langsung mimpin, dan kemudian didampingi sama enam anggota KPU RI," kata Anggota KPU RI August Mellaz di Kantornya, Jakarta, Rabu (20/3/2024). 

Mellaz menjelaskan, meskipun rekapitulasi untuk dua provinsi tersisa, yakni Papua Pegunungan, dan Papua tidak diadakan dalam dua panel, tetapi pembacaan formulir Model D.Hasil tidak banyak.

"Begini, dua provinsi di Papua ini, Papua dan Papua Pegunungan kan satu dapil (daerah pemilihan) saja. Jadi hanya tiga. Bukan saya bilang hanya tiga ya, faktanya tiga Model D.Hasil, satu untuk yang Pemilu Presiden-Wakil Presiden, kedua DPR, ketiga DPD," ujarnya.

Oleh sebab itu, ia mengatakan bahwa rekapitulasi pada hari terakhir ini tidak perlu dibuat dalam dua panel. 

"Dibikin dua panel, satu panel juga enggak terlalu berdampak. Waktunya kan juga sampai Maghrib kan juga masih banyak sisa," katanya.