Prabowo-Gibran Menang Pilpres, Maruarar: Pendukung Diminta Tak Arogan!

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 21 Maret 2024 15:10 WIB
Maruarar Sirait dan Prabowo Subianto (Foto: Istimewa)
Maruarar Sirait dan Prabowo Subianto (Foto: Istimewa)

Jakarta, MI - Maruarar Sirait yang menggalang dukungan Sahabat Ara untuk Prabowo-Gibran menyatakan bahwa Prabowo Subianto meminta semua para pendukung untuk tidak berlebihan, tidak arogan, dan tetap menghormati proses yang berlaku seusai KPU mengumumkan paslon nomor urut 2 itu sebagai pemenang Pilpres 2024. 

Dan jika ada pihak-pihak baik dari 01 (Anies-Cak Imin) maupun 03 (Ganjar-Mahfud), kata Ara sapaannya, Prabowo juga meminta untuk menghormatinya. 

Menurut Ara, arahan itu menunjukkan bahwa Prabowo itu negarawan yang sejati. "Menunjukkan bahwa dia juga menghormati hukum dan menghendaki situasi politik di Indonesia yang kondusif,"  kata Ara kepada wartawan, Kamis (21/3/2024).

Ara yang mundur dari PDIP mengikuti pilihan politik Jokowi ini tak lupa mengucapkan selamat kepada Prabowo-Gibran dan mengapresiasi relawan dan pendukung yang memenangkan pasangan nomor urut dua itu di Pilpres. 

Terima kasih juga dia sampaikan kepada KPU, Bawaslu, DKPP yang sudah menjaga Pemilu yang demokratis. 

"Juga kepada TKN yang sudah bekerja keras, juga relawan termasuk sahabat Bang Ara yang berjuang memenangkan Prabowo-Gibran di seluruh Indonesia," ungkapnya.

Diketahui, KPU telah menetapkan paslon Prabowo-Gibran menang dengan suara 96.214.691 atau 58,59%. Angka ini jauh di atas kedua pasangan lainnya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Prabowo-Gibran tercatat menang di 36 provinsi, sedangkan, Anies-Muhaimin unggul di 2 provinsi. Pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD tidak mampu unggul di provinsi mana pun.

Dengan demikian, secara aturan, Prabowo-Gibran memenangkan Pilpres 2024 dalam 1 putaran. Sebagai catatan, jumlah suara sah dalam rekapitulasi Pilpres 2024 ini sebesar 164.270.475.