PDIP: Tahapan Pilpres Belum Selesai

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 22 Maret 2024 13:52 WIB
Bendera PDIP (Foto: MI/Aswan)
Bendera PDIP (Foto: MI/Aswan)

Jakarta, MI - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, menegaskan empat partai politik (parpol) pengusung pasangan calon (Paslon) nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD, memandang bahwa proses Pemilu 2024 masih belum selesai.

"Maka terhadap hasil yang diumumkan KPU sikap dari partai politik pengusung Pak Ganjar-Mahfud menegaskan bahwa proses pemilu belum selesai," kata Hasto kepada wartawan, Kamis (21/3/2024) malam. 

Hasto memastikan koalisinya mendukung penuh langkah Tim Hukum TPN Ganjar-Mahfud untuk melayangkan gugatan sengketa Pemilu presiden (Pilpres) 2024 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Itu yang dapat kami sampaikan, sehingga tahapan Pilpres belum selesai," tegasnya. 

Selain itu, Hasto juga menegaskan partai politik pengusung Ganjar-Mahfud yang ada di perlemen Senayan akan menggunakan hak konstitusionalnya yakni, hak angket guna menyelidiki dugaan kecurangan Pilpres 2024.

"Hak konstitusional akan kami pakai dengan sebaik-baiknya," pungkasnya

Diketahui, Paslon nomor urut 3 diusung oleh 2 parpol yang ada di Parlemen yakni PDIP dan PPP, sementara 2 parpol non parlemen yaitu Partai Perindo dan Partai Hanura. 

Berdasarkan hasil rekapitulasi tingkat nasional, KPU mengumumkan Ganjar-Mahfud hanya memperoleh suara mencapai 27.040.878 suara dalam Pilpres 2024. Sementara pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 40.971.906 suara dan pasangan Prabowo-Gibran meraih 96.214.691 suara.