Elite Gerindra sebut Presiden Jokowi Tak Cawe-cawe Soal Susunan Menteri di Kabinet Baru

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 26 Maret 2024 16:30 WIB
Presiden Joko Widodo (Foto: Ist)
Presiden Joko Widodo (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut-sebut akan ikut cawe-cawe dalam pembentukan kabinet di pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden. 

Menanggapi kabar tersebut, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman memastikan bahwa hal itu tidak akan terjadi. 

Namun kata dia, Prabowo hanya akan meminta masukan kepada Jokowi terkait sosok atau nama-nama yang pantas menduduki kursi menteri.

"Bukan cawe-cawe, cuma pastinya dimintai pendapat dari pak Prabowo," kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (26/3/2024).

Habiburokhman tak mempermasalahkan jika nantinya Presiden Jokowi mengusulkan sosok yang pas untuk menjadi menteri di kabinet mendatang.

Namun, dia tak mengetahui apakah Jokowi telah mengusulkan nama-nama calon menteri kepada presiden dan wakil presiden terpilih.

"Ya boleh dong (mengusulkan nama). Anda boleh mengusulkan nama Habiburokhman jadi menteri apa," ucapnya.

Sebelumnya, Cawapres pemenang Pilpres 2024 Gibran Rakabuming Raka menegaskan, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tidak akan ikut campur atau cawe-cawe dalam menentukan susunan kabinet menteri di pemerintahan baru nantinya.

Kata Gibran, urusan penentuan kabinet berada pada kewenangan Prabowo Subianto sebagai Presiden terpilih.

"Pak Prabowo yang akan menentukan ya," kata Gibran saat ditemui awak media usai acara silaturahmi dan buka puasa bersama dengan Prabowo Subianto di Kawasan Kuningan, Jakarta, Senin (25/3/2024).

Gibran menyatakan, soal adanya kemungkinan Jokowi ikut bantu memberikan masukan perihal kabinet. Namun, untuk penentuan kata dia, berada mutlak di kewenangan Prabowo Subianto.

"Ya mungkin (Jokowi memberikan) masukan, tapi penentuannya di Pak Prabowo ya," tukas dia