Prabowo Berkunjung ke China, Gerindra: Ini Sudah Kick Off

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 1 April 2024 18:55 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman (Foto: MI/Dhanis)
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menjelaskan soal kunjungan Prabowo Subianto ke negara China.

Menurutnya, meski Prabowo belum dilantik menjadi presiden, kunjungan tersebut bisa sekaligus mempromosikan Menteri Pertahanan itu sebagai presiden terpilih 2024-2029.

"Saya pikir ini sudah kick off sambil menunggu putusan MK yang beberapa hari ini selesai pak Prabowo segera memulai tugasnya walaupun belum pelantikan mulailah istilahnya sounding tipis tipis dulu nih ke luar," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (1/4/2024).

Ada pun kunjungan Prabowo di China itu untuk bertemu beberapa pejabat, termasuk Presiden China Xi Jinping.

Habiburokhman mengatakan, tak menutup kemungkinan Prabowo akan menjalin komunikasi dengan pemimpin negara yang lain.

Sebab politik luar negeri Indonesia tak hanya dengan satu negara dan tak memihak.

"Kita orang timur nih, kalau kita diundang tentu sebisa mungkin hadir. Apalagi kita banyak agenda-agenda besar ke depan yang memerlukan kerja sama dengan negara besar," ujar Wakil Ketua Komisi III DPR RI itu.

Lantas, Habiburokhman menyinggung bahwa Prabowo telah berkomunikasi dengan para pemimpin dunia, setelah dinyatakan sebagai capres terpilih oleh KPU RI.

"Pak Prabowo kemarin sudah bekromunikasi juga dengan Joe Biden, dengan pemimpin Rusia juga sudah," pungkasnya.

Untuk diketahui, Menteri Pertahanan RI (Menhan) sekaligus Capres pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto tiba di Beijing China pada Minggu (31/3/2024).

Kedatangan Prabowo di China itu untuk bertemu beberapa pejabat, termasuk Presiden China Xi Jinping, pada Senin (1/4/2024) sore.

Sementara pada keesokan harinya, Selasa (2/4/2024), Prabowo juga akan bertemu beberapa pejabat China lainnya, seperti Perdana Menteri China Li Qiang dan Menteri Pertahanan China Dong Jun

Meski begitu, belum diketahui secara pasti pembahasan apa saja yang nantinya akan dilakukan oleh Prabowo dalam pertemuan ini.