PDIP Pastikan Tunjuk Kembali Puan Maharani untuk Pimpin Parlemen

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 9 April 2024 11:52 WIB
Ketua DPR RI, Puan Maharani (Foto: MI/Dhanis)
Ketua DPR RI, Puan Maharani (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - PDI Perjuangan menunjuk kembali Ketua DPP PDIP bidang politik Puan Maharani sebagai Ketua DPR periode 2024-2029. 

Hal itu dibenarkan oleh Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto, sebagaimana intruksi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. 

"Berdasarkan berbagai proses yang dilakukan Mba Puan merupakan ya ketua DPR selanjutnya sesuai arahan Ibu Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri," kata Hasto kepada wartawan, dikutip Selasa (9/4/2024).

Menurut Hasto, kepemimpinan Puan Maharani sudah teruji sehingga layak untuk memimpin parlemen kembali. 

Kata Hasto, Puan sudah menunjukkan keberhasilan baik di eksekutif saat menjadi Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) maupun sebagai ketua DPR 2019-2024. 

"Sebagai partai yang terus menggembleng kader, Mba Puan mampu menampilkan kepemimpinan yang lengkap, baik dari kepemimpinan di internal partai, pengalaman sebagai menko PMK maupun juga lima tahun sebagai ketua DPR RI," tukas Hasto.

PDIP dipastikan akan mendapatkan jatah posisi ketua DPR periode 2024-2029 setalah DPR sepakat tak merevisi Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3). 

Berdasarkan Pasal 427D ayat (1) huruf b UU MD3 saat ini menyebut Ketua DPR adalah anggota DPR yang berasal dari partai politik yang memperoleh kursi terbanyak pertama di DPR.