Hari Ini MK Digeruduk 2 Kelompok Demontrasi

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 18 April 2024 15:43 WIB
Aksi Demonstrasi hari ini, Kamis (18/4/2024) di Patung Kuda kawasan Monas yang ditujukan kepada Mahkamah Konstitusi (Foto: MI/Dhanis)
Aksi Demonstrasi hari ini, Kamis (18/4/2024) di Patung Kuda kawasan Monas yang ditujukan kepada Mahkamah Konstitusi (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Sejumlah kelompok demonstran melakukan aksi damai di depan Patung Kuda kawasan Monas yang ditujukan kepada Mahkamah Konstitusi (MK) jelang putusan Persidangan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), pada Kamis siang (18/4/2014). 

Adapun aksi demonstrasi tersebut terbagi ke dalam kedua kelompok, kelompok pertama adalah kelompok yang kontra terhadap hasil pemilu, sedangkan kelompok lainnya ialah yang pro terhadap kubu 02 Prabowo-Gibran. 

Pada kelompok yang kontra hanya terdapat 1 unit mobil Komando dan puluhan orang yang terdiri dari bapak-bapak dan ibu-ibu. 

Sementara massa aksi yang pro terhadap kubu 02 yang jumlahnya mencapai ratusan mayoritas diikuti oleh para pemuda dari kalangan pelajar hingga mahasiswa. 

Adapun tuntutan dari kelompok yang melancarkan aksi tersebut hampir tak ada beda, yakni meminta agar MK memutuskan perkara PHPU dengan seadil-adilnya tanpa adanya intervensi dari pihak manapun. 

Hingga berita ini diterbitkan, suasana sekitar lokasi yang menjadi tempat unjuk rasa masih aman kondusif. 

Sedangkan untuk pantauan arus lalu lintas sekitar lokasi demo masih terpantau lancar meski jalan menuju MK atau sebaliknya ditutup. 

Untuk diketahui, pengamanan dalam demontrasi kali ini terdapat 3.643 aparat gabungan untuk mengawal jalannya demonstrasi di kawasan Patung Kuda.

"Hari ini kami siap mengamankan warga yang akan menyampaikan pendapat dan kami menerjunkan 3.643 personel gabungan TNI, Polri yang dibantu Pol PP serta Dishub yang nantinya akan dibagi di beberapa titik pengamanan di sekitaran Monas," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro kepada wartawan, Kamis (18/4).

Topik:

demo-mk