Isi Pertemuan Jokowi dengan Prabowo di Istana

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 25 April 2024 11:33 WIB
Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming [Foto: Instagram/@prabowo]
Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming [Foto: Instagram/@prabowo]

Jakarta, MI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, setelah ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024 terpilih oleh KPU RI di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (24/4/2024) malam.

"Ya, memang betul Presiden Jokowi menerima Bapak Prabowo Subianto dan Bapak Gibran Rakabuming Raka, pada tanggal 24 April 2024 di Istana Merdeka," kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, Kamis (25/4/2024).

Pertemuan tersebut, kata Ari, merupakan inisiatif dan permohonan dari Prabowo dan Gibran, untuk menyampaikan secara langsung terkait penetapan sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih oleh KPU, pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK). 

"Presiden mengucapkan selamat, dan menegaskan kembali dukungan penuh Pemerintah untuk memastikan proses peralihan pemerintahan pada bulan oktober 2024, berjalan dengan baik dan lancar," ujarnya. 

Disamping itu, Ari menyebut Presiden Jokowi mendukung inisiatif dan langkah-langkah Presiden, dan Wakil Presiden terpilih untuk merangkul semua komponen bangsa, dalam upaya bersama untuk mewujudkan Indonesia Maju.  

"Saat ini, persatuan nasional sangat dibutuhkan, terutama dalam menghadapi dampak situasi ekonomi-politik global yang tengah bergejolak," jelasnya.

"Presiden Jokowi berharap pemerintahan baru yg dipimpin Presiden dan Wakil Presiden terpilih langsung bisa bekerja setelah dilantik pada 20 Oktober 2024," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden dan Wakil Presiden 2024 terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (24/4/2024) malam.

Tampak, Prabowo dan Gibran tiba di Istana Kepresidenan sekitar pukul 19.30 WIB. Mereka menggunakan mobil Toyota Alphard warna putih ke area Istana Kepresidenan. 

Namun, awak media tidak bisa mendekat untuk mengambil kedatangan Prabowo dan Gibran. Sebab, Prabowo dan Gibran melewati pintu Istana, yang berada di Jalan Merdeka Utara.