PDIP Tegaskan Tak Ada Pembahasan Pemilihan DPP pada Rakernas V

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 20 Mei 2024 15:05 WIB
Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Said Abdullah (Foto: Ist)
Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Said Abdullah (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Said Abdullah, menegaskan bahwa dalam agenda rapat kerja nasional (rakernas) V pada 24-26 Mei 2024 di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, tak ada pembahasan soal pemilihan Dewan Pimpinan Pusat (DPP). 

Sebab kata Said, forum untuk melakukan pemilihan DPP hanya bisa dilakukan di kongres dan bukan di rakernas. 

"Pertama rakernas bukan forum untuk pemilihan pimpinan DPP partai. Karena itu adalah forum kongres bukan rakernas," kata Said kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/5/2024). 

Selain itu, kata Said, pada rakernas kali ini partainya akan membahas soal langkah politik PDIP selama lima tahun ke depan dan Pilkada 2024.

"Kedua, rakernas itu akan membahas hal-hal strategis lima tahun ke depan. Baik secara politik, ekonomi, budaya dan sebagainya. Ketiga tentu tentang Pilkada serentak di 2024 ini," ujarnya. 

Lebih lanjut, kata Said akan ada banyak tantangan yang akan dilewati oleh bangsa ini, sehingga perlu menentukan langkah politik yang terukur untuk dapat melewatinya. 

"Rakernas itu tiga hal itu. Strategis lima tahun ke depan. Apa sih tantangan bagi bangsa ini? Baik secara ekonomi, ideologi, budaya dan sosial serta pertahanan. Itu yang jauh lebih penting daripada berkutat soal dalam pemerintahan atau di luar pemerintahan," pungkasnya.